MKH Maret 2009 – KACANG HIJAU !

PUDING KACANG IJO SAUS BUAH [ 8 Bulan+]

resep oleh: DEBBY TONDO


Bahan :

Puding :
1 sdm tepung kacang ijo
200 ml air
1 – 2 sdt agar-agar bubuk putih (tergantung kekenyalan yang diinginkan)
sejumput bubuk kayu manis

Saus buah :
Kemaren ini pake buah melon jingga/oranye, pk buah lain juga boleh, lebih baik pilih buah yg byk airnya
1/4 buah melon jingga/oranye
30 ml air/susu (optional — untuk mengencerkan)

Cara :
1. Masak tepung kacang ijo dan agar-agar dengan air sampai mendidih dan matang
2. Masukkan bubuk kayu manis sesuai selera, matikan api, angkat
3. Hilangkan uap panasnya sebentar lalu masukkan ke dalam cetakan
4. Setelah agak dingin, baru masukkan ke lemari es
5. Jika ingin dihidangkan siapkan dulu saus buahnya, dengan cara diblender aja buahnya, boleh ditambhakan air bila kurang encer, lalu siram diatas pudingnya
6. Kalo untuk bayi yang belom bisa makan kasar, pudingnya boleh diancurin dulu dengan blender/parutan

Selamat Menikmati !!!!

Sebenernya dari dulu pas tau ada tantangan di MKH, pengen banget ikutan cuma berasa ga PD (percaya diri ya buka pd yg laen) aja soalnya ngeliat resep ibu-ibu yang lain kok canggih2 banget gitu, jadi minder hehhehehhehe trus pas liat topik bulan ini ‘kacang ijo’ kok jadi makin tertantang, akhirnya coba ikutan aja buat seru2an, sapa tau iseng-iseng berhadiah *ngarep.com* kalo pun ga menang tetep bisa jadi kenangan hahahhahahha

Komentar Mbak Ena Lubis:

idenya oke.. cuma pudingnya yg komposisinya kurang tepat.. mungkin niatnya ga mau pake gula sebagaimana motto dari owner MKH.. no sugar.. ^_^
tapi, sebetulnya, gula bisa diganti dengan pemanis lainnya yang lebih natural dan/atau bisa diterima oleh tubuh anak2…
nahh… mungkin, mba Debby menggunakan saus buah untuk memberikan rasa manis..

——————————–ooOOOoo————————————

PUDING KACANG HIJAU [ 12 Bulan + ]

resep oleh : LUH AYU KUSUMA


Bahan:

Lapisan 1:

2 sdt tepung kacang hijau

1 sdt bubuk agar-agar

150ml air / susu cair plain

Lapisan 2:

50gr puree papaya

½ sdt agar-agar bubuk

50ml air


Cara membuat:

Lapisan 1:

Campur semua bahan

Lalu panaskan di atas api kecil sampai mendidih

Tuang ke dalam cetakan

Lapisan 2:

Sambil menunggu lapisan 1 dingin dan beku, siapkan lapisan 2

Campur air dan agar-agar lalu panaskan di api kecil

Setelah panas, matikan api baru tuangkan puree papaya dan aduk rata

Tuangkan di atas lapisan 1

Tunggu sampai dingin, hidangkan

Catatan: Saya pakai lapisan 2 karena kebayang rasa kacang hijau plain yang ‘agak kurang sedap’. Untuk pemanis rasa awalnya ingin pakai melon, tapi yang lagi ada di rumah si buah papaya, hmm malah jadi cantik ya penampilannya, greeny orange…

Oh ya adonan lapisan 1 sempat saya bagi 2, yang satu pake tambahan gula sejumput, sedang sisanya tidak. Jaga-jaga kalau Bodhi nggak doyan, secara selama ini kalo maem bubur kacang ijo mesti pake apel atau pisang. Tapi ternyata dengan atau tanpa gula, dia suka-suka aja tuh.

Maap fotonya burem…pake kamera hp pas2an hehe….

Komentar Juri :

yg ini idenya juga oke… komposisi juga udah cukup… cuma agak mengganggu di pepaya.. mungkin penggunaan tepung kacang ijonya bisa dilebihkan sedikit spy ga kalah rasanya dengan si pepaya..

——————————————-ooooOOOOoooo————————————————-


PEPES TAHU KACANG HIJAU [8 Bulan +]

Resep Oleh : SERI WINDA

Bahan :

1 siung bawang merah
1 siung bawang putih ( yg lbh kecil )
Tahu
Wortel
1 lembar daun salam
daun bawang
kemiri ( sedikit aja )
2 sendok Teh Tepung Kacang hijau
Air kaldu secukupnya
Beras –> Dimasak terpisah buat buburnya

Cara :
1. Hancurkan tahu dengan cara di penyet pakai garpu.
2. Parut bawang merah, bawang putih, kemiri, wotel.
3. Campur semua parutan di tahu, aduk rata dan campurkan daun bawang cincang halus.
4. Campurkan 2 Sendok teh kacang hijau
5. Beri air kaldu secukupnya.
6. Bungkus dengan daun pisang yg sudah diletakan daun salam. Disini saya bagi 2 daun salamnya karena saya jadikan 2 pepesan buat makan siang dan malam.

Note :
1. Jika tidak mau tepung kacang hijau, bisa diganti dengan Telur buat mengikatnya..
Sehubungan matthew ada bakat alergi jadi ampe sekarang belum dikasih telur.
2. Biasanya sih komposisi bawang merah lebih banyak dari bawang putih :-) kalau di resep ini sih bawang putih saya kasih 3/4 siung aja.
3. Kalau tidak mau pakai beras tapi mungkin mashed potatoes, jadi pepes tahunya bisa
dibuatkan sausnya. bisa dibuat saus cream keju :-) dengan bahan susu, keju, tepung terigu,
butter . diaduk2 dan dimasak jadi deh.. terus disiram diatas pepesan-nya or mashed
potatoesnya hehehehhehe :-D


Komentar Ibu Juri:

idenya oke banget! cuma sayang sekali komposisi kacang ijonya kurang dominan.. sehingga rasanya sudah kalah dengan tahu, wortel dan kemiri..
untuk makanan anak-anak
(apabila dikehendaki) pemakaian kemiri bisa dihilangkan.. karena rasanya yang cukup tajam..

——————————————-ooooooOOOOOOooooo—————————————–

Handal ‘kan Resep-resepnya! Karena mereka semua memang Mama Koki yang Handal!

Tunggu resep handal berikutnya yah!

4 pemikiran pada “MKH Maret 2009 – KACANG HIJAU !

  1. Ping-balik: Baby Safe Feeder Hijau Berhasil Dibawa Oleh…. « Mamaku koki handal

  2. Mbak Nana, tepung kacang hijau untuk konsumsi bayi bisa diperoleh di Gasol. coba googling aja mbak, pasti banyak yang jual. Kalo di jakarta sih ada di Ranch Market gituh,,,,

  3. MKH.. terimakasih resep2nya.. selama ini MPASI queensha monotonitu2 aja kalau gak di rebus dan dikukus atau di tim jadi satu dengan nasi. saya akan coba masak buat sikecil … puding kacang hijau (8+) sangat menarik buat cemilan sikecil di sore hari.. sehinggal BWLnya bisa makin mantap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s