MKH SEPT-OKT 2009 ~ WORTEL

SUP KENTAL TOMAT-WORTEL [12 Bulan +]

Resep: Mama Luh Ayu

Naaaah hari ini mama pengen bikin sup tomat kental. Untuk anak mama yang lagi pilek…

Tapiii ngeliat ada wortel jadi kepikir ditambahin wortel trus diikutin event mamakokihandal bulan September ini, hihihi. Ikut lagiii??? iya niiih, doyan… :D

Udah kebayang kan gimana rasanya menikmati sup hangat di hari yang dingin?? Nah begini jalan cerita resepnya….

Bahan:

- 3 buah tomat segar ukuran sedang.

- 25gr (3 sdm) wortel parut.

- 1 sdt bawang bombay cincang.

- 1 siung bawang putih cincang halus.

- 2 sdm makaroni / 20 batang spaghetti.

- 50 ml susu UHT / air (jumlahnya sesuai dengan kekentalan yang diinginkan)

- garam, merica, lada bubuk secukupnya

- 1 sdt irisan daun seledri

Cara membuat:

- Rebus tomat, kupas kulitnya, buang bijinya. Sisihkan.

- Rebus spaghetti/makaroni, setelah matang sisihkan.

- Tumis bawang bombay.

- Campur tomat, spaghetti/makaroni, wortel, bawang putih, bawang bombay lalu di blender.

- Siapkan wajan/panci, lalu masukkan campuran tomat tadi, masak sambil ditambahkan susu UHT/air sedikit demi sedikit. Tambahkan juga garam, merica dan lada bubuk.

- Masak sampai matang dan kental.

Saran penyajian: Sajikan bersama taburan keju cheddar parut dan irisan seledri. Bisa juga dimakan sebagai cocolan roti panggang

————————————————

PANCAKE HAVERMUT CERIA ! [9 Bulan+]

Resep: Mama Ana Agustina

Udah lama pingin bikinin fatih pancake tapi belum keturutan soalnya umminya sok sibuk terus, ceritanya mau ganti menu soalnya kalau sarapan kok seringanya cuman havermut dikasih pure buah plus toping keju(untungnya fatih ngga pernah protes). Terinspirasi tema MKH bulan ini akhirnya pancakenya dikombinasikan antara havermut dengan si wortel yang “ceria”.Tapi karena motretnya cuman pake kamera HP jadinya warna pancakenyangga seceria aslinya.

Bahan:

35 gr havermut, diblender halus (sekitar 4 sdm penuh)

1 buah wortel ukuran sedang kira2 50 gr, direbus kemudian blender halus

100 ml susu cair (kalau dibawah 1 tahun pake air aja, yang ini aku tambahin 1 sdm yoghurt)

25 gr mentega (2 sdm), lelehkan

1 telur (kalau masih 9 bulan pake kuningnya aja ya… aku biasa pake telur ayam kampung)

25 gr kismis, cincang

keju parut secukupnya

Cara pembuatan:

1. Campur wortel dan havermut, aduk rata.

2. Campur susu, mentega dan telur, kocok lepas dengan whisk hingga tercampur rata

3. Tuang bahan cair ke bahan kering, aduk rata.

4. Panaskan wajan anti lengket, oles mentega, tuang sedikit adonan sehingg membentuk dadar. Taburi kismis dan keju, balik, dan bisarkan matang, angkat.

untuk 3 buah pancake dengan diameter 12 cm

Fatih suka banget, soalnya rasanya gurih sich…

————————————————

CARROT MUSHI [12 Bulan+]

Resep : Mama Debby Tondo

Bahan :

1 butir telur ayam kampung, kocok lepas

50 g wortel, kupas, parut

3 bh jamur shitake, cincang kasar

25 gr udang, cincang kasar

25 gr dada ayam, cincang kasar

100 ml susu cair

daun bawang secukupnya, iris tipis

1 ruas jari jahe, iris tipis

Bumbu:

1 sdt soy sauce

lada secukupnya

garam secukupnya (optional) – soy sauce sudah asin kalo saya tidak pake garam lagi

gula secukupnya (optional) – saya juga ga pake

Cara membuat :

1. Aduk rata semua bahan, campurkan dengan bumbu

2. Taruh di pinggan tahan panas, kukus kurang lebih 20 menit, sajikan

“Resep ini terinspirasi dari Chawan Mushi, karena pake wortel namanya diganti jadi Carrot Mushi :) trus ditambahin jahe biar bikin anget di musim hujan ini, cara membuatnya juga mudah banget, cocok untuk ibu-ibu bekerja yang waktu masaknya suka mepet kaya saya hehehehhehe…. kalo menang dikasih hadiah yg mana aja mau kok (soalnya hadiahnya keren2) asal jangan kosmetik buat mamanya soalnya ga demen dandan euy, mending bukunya mba Ena aja deh ;p makasih mama koki :)

———————

Sup Krim Wortel {12 Bulan+}

Resep  : Mama Dwi Wahyuningsih

Ini resepnya ala Farah Quinn, kapan itu sempat lihat di TV, ini yang keingat aja resepnya, tapi kayaknya gak kalah OK juga kok, he…he….

Bahan :

½ buah bawang bombay

2 siung bawang putih

3 buah wortel ukuran sedang, potong-potong

1 sdm tepung terigu (bisa diganti tepung oatmeal)

100 gr dada ayam, dipotong dadu

200 ml kaldu

200 ml susu cair

sedikit pala bubuk

sedikit lada bubuk

1 sdm daun bawang cincang

1 sdm daun seledri cincang

10 gr unsalted butter

Cara Membuat :

Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan unsalted butter, masukkan wortel, aduk rata.

Masukkan tepung terigu, aduk sampai licin.

Masukkan kaldu, tunggu sampai mendidih dan wortel setengah matang.

Masukkan dada ayam, susu cair, pala bubuk dan lada bubuk.

Terakhir masukkan daun bawang dan seledri cincang, setelah wortel empuk matikan.

Boleh ditambahkan keju parut sebelum dimatikan.

Bisa juga ditambahkan sayuran sesuai selera, misalnya brokoli atau kacang polong

——————-

Resep Mie Goreng – Goreng Wortel [14 Bulan+]

Resep: Mama Sondang Pasaribu

- 75 ml jus wortel + ampas halusnya

- 1 butir telur ( kocok sebentar )

- 115 gr tepung terigu

- 1 Sdm tepung tapioka

- 3 Sdm minyak sayur

- 5 Sdm tepung terigu

- 1.5 lt air

- 2 siung bawang putih dikeprek

- 1bawang bombay dicincang kasar

- 1 sdm margarin

- garam dan merica sesuai selera anak.

cara membuat mie goreng:

1. kocok terpisah telur

2. masukan jus wortel beserta ampas halusnya ke adukan telur

3. campur rata tepung terigu dan tepung tapioka

4. masukan adonan telur dan wortel

5. aduk sampai merata dan kalis

6. bagi menjadi 4 bagian dan giling menggunakan gilingan mie yang rata dgn ketebalan 1 sampai 5

7. setelah adonan sampai pada ketebalan yg ke 5 masukan ke dalam gilingan mie yg bergerigi agak besar ( gerigi utk membuat pasta )

8. taburi adonan yg telah berbentuk mie dgn tepung terigu agar tidak lengket.

9. panaskan air hingga mendidih dan rebus mie hingga mengapung, tambahkan minyak sayur agar mie tidak menyatu. tiriskan

10. panaskan kuali dan masukan margarine, setelah mencair masukan bawang putih dan bawang bombay, setelah wangi masukan mie yg sudah direbus, tambahkan garam dan merica, aduk sampai merata. angkat.

note: gunakan wotel yg warnanya benar2 cerah, tetapi biasanya setelah mie direbus warna orange nya akan memudar n menjadi bewarna kekuningan.

tambahan mie:

telur orak arik:

- 1 butir telur

- 1/2 sdt kecap asin

- 1/2 sdt margarine

cara membuat:

- campur telur dan kecap asin, aduk rata.

- panaskan margarine dan masukan telur sambil di aduk2 agar terpotong2 menjadi ukuran yg sesuai dgn kemampuan anak utk mengunyah.

pangsit goreng

- kulit pangsit yg sudah jadi secukupnya

- 125 gr udang, buang kulitnya lalu cincang halus

- 1 butir telur

- 2 sdm tapioka

- 1 bh daun bawang di iris halus

- merica dan garam secukupnya

- minyak untuk menggoreng pangsit

cara membuat :

- campurkan udang, telur, tepung tapioka dan irisan daun bawang sampai merata

- tambahkan merica dan garam secukupnya.

- ambil kulit pangsit dan masukan 1 sdt adonan udang ke bag tengah kulit pangsit dan lipat menjadi bentuk segitiga, rekatkan kulit pangsit menggunakan air.

- panaskan minyak dan goreng pangsit hingga bewarna kuning kecoklatan, angkat tiriskan.

brokoli kukus

- ambil 2 kuntum brokoli, kukus hingga empuk dan angkat.

mie goreng- goreng wortel siap disajikan.

—————

Ongklok Kentang Saus Oranye [9 Bulan +]

BAHAN:

1 butir kentang ukuran sedang, iris tipis

Fillet ikan kakap, cincang

½ buah wortel import ukuran sedang, potong-potong

Keju blok secukupnya

1 siung bawang putih

1 sdt extra virgin olive oil

Cara membuat:

Tumis kentang dan cincangan kakap dengan olive oil, haluskan (bisa ditumbuk atau menggunakan blender.

Kukus wortel, bawang putih dan keju, lalu haluskan menggunakan blender. Dapat ditambahkan air/kaldu bila perlu.

Saus wortel dapat disiramkan di atas kentang tumbuk atau disajikan terpisah.

——————————————–

Salam,

♥ MamaKoki ♥






2 pemikiran pada “MKH SEPT-OKT 2009 ~ WORTEL

  1. Dear Mama Luh Ayu

    Aku boleh tiru ga resepnya? :))
    cocok banget ama cuaca sekarang yg mendung terus…

    Thaks

    Mama Gia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s