MKH NOVEMBER 2010 – SuperChallenge

Resep-Resep berikut ini adalah resep yang handal untuk MPASI dan Makanan Batita  dari para finalis dengan kombinasi bahan : APEL-BROKOLI-YOGURT-BERAS MERAH !

PEMENANG UTAMA

Skutel Nasi Saus Apel Mornay [10 bulan+]

resep: Mama Mira Arvianty

“Iseng-iseng ikutan tertantang dan akhirnya puter otak. Terinspirasi dari kesukaan Kana makan pasta, akhirnya jadilah skutel nasi ini. Kebetulan akhir-akhir ini Kana lagi gak suka makan brokoli, pas udah jadi, ternyata berhasil.. Skutel nasi ini habis dilahap termasuk brokolinya. Di resep ini sengaja brokoli saya kukus dan dicampur diakhir sebelum disajikan supaya nutrisi yang terkandung di dalam brokoli masih tetap terjaga. Tanpa diberi garam dan merica, nasi shootel ini rasanya manis dan gurih. Sayapun akhirnya nimbrung ikutan makan sama Kana. Hehehehe… “

Bahan :

100 gr Nasi Merah (Kebetulan dirumah biasa makan nasi merah, jadi tinggal ambil yang sudah matang)

1 bh Wortel ukuran kecil, potong dadu kecil atau juga bisa diparut

4 kuntum Brokoli

1 btr Telur, kocok lepas

50 gr Daging / Ayam cincang

Oregano, secukupnya Pala Bubuk, secukupnya Garam, Merica (Optional, hindari penggunaan untuk anak <12 bulan)

Saus Apel Mornay :

¾ bh Apel Fuji ( kebetulan ini yang ada dan favorit Kana)

100 ml Air

2 sdm Unsalted Butter

1 bh Bawang Bombay ukuran kecil, cincang halus

2 sdm Tepung Terigu (bisa diganti dengan Oatmeal yang di giling halus)

50 gr Keju Cheddar, Parut

1 bh Kuning telur

2 sdm Plain Yogurt

Garam, Merica (Optional, hindari penggunaan untuk anak <12 bulan)

Cara Membuat :

1. Buat Jus Apel, dengan menggunakan air dan apel. Saring, simpan ampas dan airnya karena dua-duanya akan digunakan.

2. Campur nasi merah, ampas jus apel, wortel, telur, daging cincang, oregano, pala bubuk, garam dan merica. Sisihkan.

3. Panaskan butter, tumis bawang Bombay hingga harum dan wangi.

4. Masukkan tepung terigu, aduk dengan menggunakan balloon whisk.

5. Masukkan air jus apel , aduk hingga saus tidak menggumpal.

6. Masukkan keju parut, aduk rata lalu matikan kompor.

7. Masukkan kuning telur, aduk rata.

8. Diamkan hingga uap menghilang, lalu masukkan yogurt, aduk rata. Tambahkan sedikit garam dan merica sesuai selera.

9. Siapkan wadah tahan panas, masukkan adonan nasi, ratakan. Siram dengan saus apel mornay. Taburi atasnya dengan sedikit keju parut.

10. Panggang dalam oven bersuhu 180⁰C selama kurang lebih 30 menit. Jika tidak ada oven, bisa juga di kukus selama 25 – 30 menit.

11. Selama menunggu Skutel Nasi matang, kukus brokoli selama 3-4 menit. Angkat, lalu siram dengan air dingin, sisihkan.

12. Setelah skutel matang, angkat, sajikan dengan brokoli yang sudah dikukus.

=============================

Quiche Pelangi Saus Apel Yoghurt [12 Bulan+]

resep: Mama Sukma Pertiwi

saya suka dengan instruksinya, menjadikan 4 bahan jadi satu sebagai one dish meal. Sebagai Ibu yang suka kepraktisan dan sering berpergian, one dish meal ini bisa jadi solusi.
Kedua, tantangannya menantang banget! Sudah pasti bingung banget bagaimana mengolah 4 bahan ini. Akhirnya karena 1 fakta yoghurt yang membuat saya memutuskan bahwa yoghurt ini tidak boleh dimasak dengan suhu panas, karena bakteri hidup di dalam yoghurt hanya akan bertahan di 60 derajat celcius. Soo…supaya kualitas makanan tetap terjaga, dan berhubung kebetulan baru mencoba resep quiche, maka terjadilah Quiche Pelangi Saus Apel Yoghurt ini. :)
Pelangi, karena isinya berwarna warni, ada hijau segarnya brokoli, merah meronanya daging giling sebagai proteinnya,nasi merah yang berserat tinggi, dan juga kuning emas si keju cheddar.Lengkap-kap sebagai one dish meal.
Saus apel yoghurt yang bercita rasa asam, sangat pas dimakan bersama quiche yang gurih.
Mamapun dapat menghiasnya untuk bekal anak sekolah, supaya lebih menarik. Penasaran?
Selamat mencoba!
Bahan kulit quiche:
a. 100gr tepung terigu
b. 60gr mentega
c. 1/2 sdt garam
d. 30 ml air matang
Bahan isi A:
a. 100gr nasi merah
b. 100gr daging giling
c. 50gr bawang bombai cincang
d. 2 sdm olive oil
e. keju cheddar parut
Bahan isi B:
a. 50gr brokoli cincang
b. 2 butir  telur ayam kocok lepas
c. 50ml susu cair
d. 2sdm tepung terigu
e. 1/2 sdt garam
f. 1/2 sdt lada bubuk
Bahan saus :
a. 1 buah apel, dikukus dan dibuat puree
b. 3 sdm yoghurt tawar
Bahan tambahan :
a. 15 lbr daun mint
b. 2 lbr keju cheddar
Cara membuat :

1. Campur bahan kulit, buat hingga adonan kalis. Simpan dalam plastik di lemari es selama 30 menit.

 

2. Giling adonan kulit kira-kira 1/4 cm, cetak bulat dengan diameter 7cm (disesuaikan dengan cetakan yang dipakai). Masukkan ke dalam cetakan yang telah diolesi mentega, panggang ke dalam oven 180 derajat celcius selama 10 menit, kemudian keluarkan.
3. Bahan A : tumis bawang bombai hingga harum. Masukkan ke dalam campuran daging giling, nasi merah, dan keju cheddar parut.
4. Bahan B : campur bahan B menjadi satu. Sisihkan.
5. Bahan saus : campur puree apel dan yoghurt, sisihkan.
6. Isi kulit quiche dengan bahan isi A sebanyak 1/2 sdm, ratakan. Kemudian isi dengan bahan isi B sebanyak 1 sdm.
7. Tambahkan potongan keju cheddar lembaran dan letakkan 1 lbr daun mint diatasnya.
8. Panggang kembali, angkat setelah 20 menit. Sajikan hangat bersama sausnya :)
Untuk 15-16 buah.

==============================

Pangsit Pelangi [12 Bulan+]

resep: Mama Dessy Asri

“Kakang itu anaknya seneng ngemil banget, kalo ga cookies ya harus bikinin cemilan, entah puding, entah kroket, entah stup buah. Kali ini nengok kulkas ada bahan ² warna warni nih, tercetuslah ide bikin si pangsit pelangi ini”

Bahan isi :

5 sdm nasi merah(dari beras merah yang sudah dimasak)

4 kuntum brokoli, parut. ½ buah apel, iris dadu.

3 sdm yogurt plain(aku pake merk yummy)

1 buah wortel, parut.

10 gram daging giling.

3 sdm olive oil, untuk menum isian

1 siung bawang putih, haluskan.

Garam dan merica(optional)

 

Bahan kulit :

3 sdm terigu, campur air matang sampai kental.

 

Cara :

ISI:

-tumis bawang putih sampai harum, masukan daging giling,masak sampai berubah warna. -masukan nasi merah,masak sampai wangi. -masukan brokoli,wortel dan yogurt. Masak semua sampai harum, beri garam&merica(bisa dihilangkan)

KULIT

Panaskan wajan bulat, beri sedikit demi sedikit terigu seperti membuat crepes, masak hingga matang.

Penyelesaian-» siapkan kulit pangsit, beri isian sesuai selera, goreng hingga kulit kecoklatan. Bisa disajikan dengan saus tomat. Bahan : tomat segar, buang kulit dan biji, masak dengan air matang hingga tomat hancur, beri campuran maizena agar kental.

===========================

Muffin Beras Merah Isi Apel Brokoli [18 Bulan+]

resep : Mama Luh Ayu

Muffin ini memang tidak sepenuhnya menggunakan beras merah, masih dicampur dengan terigu. Tapi lumayan kan sudah mengurangi konsumsi terigu setengah nya untuk setiap porsinya.

Dan berhubung sebagian menggunakan tepung beras merah, hasilnya jadi lebih padat.

Berikut resepnya:

Bahan:

1 buah telur

2 sdm yoghurt tawar

25g mentega, dilelehkan

25g gula pasir

Campur dan ayak:

25g tepung terigu

25g tepung beras merah

1/6 sdt baking powder

Sejumput garam

Isi:

10g apel manis dipotong dadu kecil

10g brokoli, ambil kuntumnya

Cara membuat:

1.       Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang (kurang lebih 5 menit)

2.       Masukkan campuran tepung yang telah diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata.

3.       Tambahkan yoghurt dan mentega leleh, campur rata adonan

4.       Siapkan paper cup muffin, isi dengan setengah adonan lalu isi dengan potongan apel dan brokoli, lalu tutup lagi dengan adonan sampai nyaris penuh.

5.       Hias bagian atas dengan sedikit brokoli

6.       Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 25 menit atau hingga muffin matang.

7.       Disajikan hangat lebih baik J

Untuk 2 buah.

==========================

NASI TIM SAUS BROYO [12 Bulan+]

Resep: Mama Rini Angelica yihaaa... seru banget tantangan MKH bulan ini.. semangat banget nyobain bikin resep yg bisa masuk kriteria.. dan kok kebetulan bgt, anakku baru abis diare, jadi ini bahan-bahannya kok mendukung banget untuk proses penyumbatannya.. hehe..agak deg-deg-an, anakku agak susah makan seminggu ini, kira-kira dia suka gak ya.. nasi tim sengaja aku bikin agak lembek, eh, ternyata kok bisa masuk.. gak habis sih maemnya, tapi cuma sisa 1/4 dari total resep ini.. seneeeng.. Bahan Nasi Tim: 1/4 Bawang Bombai uk. sedang, cincang halus 3 ekor udang uk. sedang, dicincang kasar 1 buah apel malang uk. kecil, diparut 2 sendok makan beras merah, cuci bersih, rendam selama 4 jam 100 ml air kaldu (ceker/ayam/daging) 1 sendok teh unsalted butter untuk menumis merica sedikit (sejimpit) Bahan Saus Broyo (Brokoli Yogurt) 1 batang brokoli uk. kecil, ambil kuntum daunnya saja, cuci bersih, cincang kasar 2 sendok makan yogurt Cara memasak : * Nasi tim: - Panaskan wajan, lelehkan unsalted butter - Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu - masukkan udang cincang, masak sampai berubah warna - masukkan merica sedikit - masukkan apel parut, aduk hingga rata - matikan kompor, sisihkan - siapkan wadah stainles steel/mangkok kaca tebal, susun tumisan dibagian bawah, ditekan-tekan supaya padat - masukkan beras merah, tambahkan air kaldu - kukus selama 60 menit - tuang ke atas piring * Saus Broyo: - campur yogurt dengan brokoli yang sudah dikukus - tuang/hias diatas nasi tim - jika masih ada sisa brokoli cincang, ditebar disekeliling piring, utk pemanis dan dimakan..

Satu pemikiran pada “MKH NOVEMBER 2010 – SuperChallenge

  1. Mau ty mom…beras merah setelah direndam 4 jam, langsung dikukus dengan bahan2 yg sdh ditumis ya? Nasi beras merah-nya bisa empuk/lembut? Soalnya beras merah kan masaknya lama baru bisa empuk/lembut…thx ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s