MKH November 2008 – Kentang untuk Makanan Utama

MKH November 2008 ->KENTANG untuk Makanan UTAMA

Resep Mama LIA SUTOYO
Mama yang ini sepertinya semangat banget ikutan MKH bulan ini, beliau mengirimkan 2 RESEP lho! Mau tahu kan? yuk marii…
klik untuk memperbesar

klik untuk memperbesar

SCHOTEL KENTANG LAPIS

BAHAN :

500 gram kentang

100 gram daging cincang

100 gram wortel iris tipis / parut

100 gram buncis iris tipis

150 gram keju parut

125 ml susu

2 sdm mentega (unsalted untuk < 1 th) untuk menumis

1 bh bawang Bombay potong kecil kecil

1 bh telor kuningnya saja

CARA MEMBUAT:

  • Kupas kulit kentang lalu direbus setelah matang lumatkan/hancurkan sampai halus
  • Panaskan mentega, masukkan kentang, keju susu, aduk sampai rata, pisahkan
  • Tumis daging cincang, wortel, buncis, bawang Bombay sampai harum
  • Siapkan loyang tahan panas yang diolesi mentega
  • Letakkan kentang yang sudah diaduk rata kedalam loyang, susun di paling bawah, kemudian masukkan tumisan daging, wortel, buncis, bawang Bombay diatasnya, kemudian masukan kentang lagi (diatas tumisan daging), masukan isi tumisan daging lagi, terakhir masukkan kentang sebagai lapisan paling atas, ratakan, olesi dengan kuning telur
  • Taburkan keju parut dilapisan paling atas
  • Kukus selama 15 menit atau panggang didalam oven selama10 menit dengan panas 220 C
  • Angkat, sajikan selagi hangat

catatan dari mbak Ena Lubis :

Skotel kentang ini menarik.. dari susunan bahan yang digunakan dan rasa… si ibu jelas paham kalo pencernaan anaknya masih rawan… hehhee…

1. jumlah bahan sesuai.. malah bisa untuk 2 – 3 kali makan kalo anaknya udah agak besar (terutama yang maruk2 kayak seusia syamil . azwa, 2 taonan gitu.. hahahaha…)

2. bawang bombay, sebaiknya diparut atau iris tipis.. dan gunakan 1/2 butir kecil saja terutama untuk anak2 yang baru belajar makanan sangat padat.. ^_^

3. bagi2 aku donk… hehhehehe… salah.. maksudku, daging cincang pilih yang murni maksute tanpa lemak gitu lhooo….

KENTANG ISI AYAM

BAHAN :

500 gram kentang

75 gram daging ayam cincang

100 gram wortel iris tipis / parut

100 gram buncis iris tipis

150 gram keju parut

2 sdm mentega (unsalted untuk < 1 th) untuk menumis

1 bh bawang Bombay potong kecil kecil

CARA MEMBUAT:

  • Kentang di cuci tanpa dikupas kulitnya,
  • Kentang di kerat silang, tekan sedikit sampai kentang terbuka
  • Kukus / panggang kentang hingga matang
  • Tumis daging, wortel buncis, bawang Bombay dengan mentega hingga harum
  • Buang bagian tengah kentang untuk isi tumisan daging
  • Isi bagian tengah kentang dengan tumisan daging kemudian taburi keju parut
  • Sajikan selagi hangat

** note: Bila suka bisa ditambahkan saus keju,

bahan : 1 sdm minyak olive

5 sdm air dingin

susu ½ cangkir

2 sdm tepung terigu

2 sdm keju parut

cara : panaskan minyak olive,

tuang air dingin, terigu, aduk sampai rata

jika sudah mendidih, masukkan susu cair & 2 sdm keju parut

aduk rata sampai kental

Catatan Mbak Ena :

hampir sama dengan resep yang di atas yaa.. cuma cara masaknya yang beda… sayang daging ayam cincangnya koq dikurangi.. pake 100 gr ajah biar mantab…

*====*

Berikutnya!

Mama RIA SURYANA (www.rumahkedua.co.cc) mencoba memberikan makanan baru untuk Afkar… Seperti apa usahanya?

klik untuk memperbesar

klik untuk memperbesar

PUREE KENTANG SAUS TOMAT

BAHAN:

2 sdm munjung puree kentang

1 kuning telur rebus

Saus Tomat:

1 siung bawang putih, cincang halus

1/2 buah tomat merah, cincang halus

Sedikit minyak zaitun, untuk menumis

Sedikit oregano

Sedikit pala bubuk

7 sdm air kaldu

CARA MEMBUAT :

Campurkan puree kentang dan kuning telur rebus, aduk rata. Sisihkan

Panaskan minyak zaitun. Tumis bawang putih sampai wangi dan masukkan tomat, aduk rata. Tambahkan oregano dan pala bubuk, aduk rata. Masukkan kaldu, masak sampai mendidih. Matikan api.

PENYAJIAN

Siram saus tomat diatas adonan puree kentang+kuning telur. Sajikan hangat!

Behind the scene:

Ada insiden yang cukup bikin riweuh. Saus tomat yang siap disiram mendadak tumpah karena selip megang kuping si wajan :(. Langsung buru-buru bikin lagi deh, takut boss kecil keburu bete menanti sarapan yang gak kunjung terhidang :p. Alhamdulillah segala keriweuhan itu terbayar dengan lahapnya Afkar menikmati sarapan made by ummi… :)

Catatan Mbak Ena :

bahannya sederhana n rasanya pasti oke.. cumaaa…

1. saat bikin saus, sebaiknya ambil daging buah tomatnya saja.. kulit dan biji bisa dibuang karena anak2 batita masih sulit kan mencernak si biji…

2. kalo dah pake oregano, sebaiknya ga usah pake pala.. terutama untuk batita.. karena oregano dan pala punya sifat yang agak sama, yaitu rasa yang agak pedas.. terutama untuk usia dibawah 12 bulan.. pala sangat tidak disarankan…

3. bawang putihnya cukup pake 1/2 siung ajah..

4. saran saya: tambahkan 1 sdt muncung parmesan bubuk dalam saus… hehehhe…

*=====*

Kalo yang ini, ada MAMA DIANANDA FITRIA yang memadukan antara Kentang-Susu dan Smoked Beef.

Hmm… sepertinya enak ya dimakan hangat-hangat di musim hujan ini… Yuk disimak!

klik untuk memperbesar

klik untuk memperbesar

KENTANG SAUS SUSU

Bahan Utama :
1 bh kentang ukuran sedang
1 lembar smoked beef
Daun sledri (jika ada)
Bahan Saus Susu :
1 sdt margarin
90 ml susu
1 sdt tepung terigu
kaldu rasa sayuran
merica dan garam secukupnya
Caranya:
1. Potong Kentang sesuai ukuran satu kali suap
2. Rebus kentang didalam diatas api sedang +15-20menit atau sampai cukup matang (jgn sampai terlalu lunak).
3. Buat sausnya dengan cara campur jadi satu margarin, susu dan tepung terigu, masak sambil terus diaduk,
4. Masukkan kaldu rasa sayuran, aduk rata, cicipi, bubuhi merica dan garam sesuai selera
5. Masukkan daun peterseli dan kentang rebus, lanjutkan memasak ingga kentang dan saus cukup hangat.
Inilah hasilnya… Sedikit banyak kuah sesuai selera… Kebetulan saya buatnya agak banyak sausnya…

Hammam suka makannya walaupun awalnya merengut melihat menu baru…

Catatan Mbak Ena:
yang ini sepertinya enak lhoo… cuma sayang… waktu nulis resepnya ga lengkap…1. smoked beefnya diapain yaaa…??? ga jelas.. kalo diliat dari foto sih di potong kotak2 tuh… ^_^2. anak bawah 12 bulan atau yang belum bisa mengunyah dengan baik sebaiknya tidak usah menggunakan smoked beef, ganti dengan daging sapi/ayam cincang

3. daun selederi ga disarankan.. baunya lanu.. kurang disukai anak2 batita… ini sudah kubuktikan beberapa kali dengan sejumlah anak… sebagian anak memilih sup tanpa selederi… hehehhehe…

4, hilangkan penggunaan lada untuk anak bawah 12 bulan…

5. kaldu rasa sayuran…???? maksudnyaaaa…???? kaldu instan kah…???? atau kaldu yang dibuat dari sayuran…??? kalo kaldu instan, highly not recomended.. kalo bikin kaldu sayuran sendiri, that’s good…

*======*

Yang terakhir, ada Mama RIRI yang berkreasi dengan memvariasikan ongklok kentang dengan ikan… seperti enak :-) Sayang, fotonya terlalu keciiiiil jadi nggak bisa dimuat disini.

Tapi resepnya masih bisa dicoba dan lihat sendiri hasilnya!

ONGKLOK KENTANG SAUS ORANYE

BAHAN:

1 butir kentang ukuran sedang, iris tipis

Fillet ikan kakap, cincang

½ buah wortel import ukuran sedang, potong-potong

Keju blok secukupnya

1 siung bawang putih

1 sdt extra virgin olive oil

CARA MEMBUAT

Tumis kentang dan cincangan kakap dengan olive oil, haluskan (bisa ditumbuk atau menggunakan blender.

Kukus wortel, bawang putih dan keju, lalu haluskan menggunakan blender. Dapat ditambahkan air/kaldu bila perlu.

Saus wortel dapat disiramkan di atas kentang tumbuk atau disajikan terpisah.

*hehe, sederhana banget yak. gapapa ah, tetep mau dikirim*

Catatan mbak Ena:

1. ukurang kentang atau apapun buat masing2 orang berbeda.. lebih baik jika dijelas dalam ukuran yang lebih jelas… gram, cup, sdm, atau apalah..

2. fillet ikannya pake seberapa..??? 50 gr..? 100 gr…????

3, keju blok teh naon yaaa..??? keju cheddar kali yeee… jumlah secukupnya seberapa…???

4. kentang dan kakapnya ga dibumbui..??? kalo iya, saran saya, tumis dengan (unsalted) butter… jangan minyak zaitun.. karena meski sehat, nyaris ga ada rasanya.. kasian bu anaknyaaa… karena minyak zaitun kurang bisa mengurangi bau amis kakap.. kakap itu ikan laut yang bau amisnya cukup tajam lhoo…

8 pemikiran pada “MKH November 2008 – Kentang untuk Makanan Utama

  1. Kl dr penggunaan bhn2ny, kaya ny ini makanan utk 9bln ke atas yahh? Kentang utk 7bln-8bln selain dcampur sayuran+daging+kaldu, enakny diapain lg yahh? Makasiii,,*udah mulai bingung mau masak apa

  2. resep schotel kentang, kalo untuk under 1 year susunya pake apa ya? kan ga bs pake uht plain..kl pake sufor bs ga ya??

  3. penggunaan susu dlm resep untuk baby 9m bs diganti dgn apa ya?sufor gk boleh dimasak lg kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s