MKH Mei 2010 – JAMUR

SOUN JAMUR SHIITAKE ( 12 Bulan+ )

Resep: Mama Dessy Asri

Beberapa hari kemaren kakang susah banget makannya,nasi ditolak,kentang ditolak,pasta ditolak,ampe pusing. Giliran aku makan soun eh dia ko tereak ²,mamam mamam mamam,hihihi,putar otak supaya jadi one dish meal,ada sayuran,daging dan jamur,jadilah soun jamur shitake.

Bahan:

100gr soun,rendam dalam air dingin.

4 buah jamur shitake,rendam air panas.

10gr daging ayam

1 buah wortel,iris memanjang

5gr ebi,rendam air panas

100gr kaldu ayam

2 siung bawang putih.

1 batang daun bawang,iris panjang.

2 sdm minyak untuk menumis.

1sdt garam

½ sdt merica.

3sdm kecap manis

Bahan untuk mangkok pangsit+alas jala:

50gr tepung terigu

1 buah telur ayam(aku pake telur ayam kampung)

100cc air

Cara membuat mangkok dan alas jala:

Alas jala:

Masukan adonan kedalam plastik segitiga,gunting ujungnya,bentuk diatas wajan anti lengket.

Mangkok pangsit:

Masukan adonan ke dalam wajan anti lengket,bentuk bulat,simpan didalam mangkok. Dinginkan

Cara membuat soun jamur shitake:

Tumis bawang putih hingga harum. Masukan daging ayam,lalu rendaman ebi beserta air rendamannya.

Potong jamur shitake memanjang. Masukan kaldu ayam,biarkan sampai mendidih. Lalu masukan wortel dan jamur shitake. Terakhir masukan sounnya,diamkan sampai air kaldu meresap dan habis. Masukan daun bawang. Masukan bumbu dan kecap manis. Aduk rata. Sajikan diatas mangkok pangsit yg juga bisa dimakan.

SUP JAMUR ISI BELUT ( 12 Bulan+ )

Resep: Mama Shaufa Radha

Bahan:

100 gr belut

30 gr brokoli, kukus, iris halus

30 gr jagung manis pipil

3 buah jamur hioko iris memanjang

300 ml air

1/8 sdt garam

Bumbu tumis:

1 sdm butter

1 sdt tepung terigu

2 siung bawang merah,haluskan

1 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat:

- Masak air, jamur hioko dan jagung. Ketika air mendidih, masukkan belut. Tunggu hingga matang. Matikan api. Sisihkan belut, suwir-suwir dagingnya. Blender rebusan jagung dan jamur hingga halus.

- Tumis bawang merah dan bawang putih halus dengan butter. Masukkan tepung terigu. Aduk-aduk. Masukkan blenderan jamur+jagung sedikit demi sedikit. Aduk hingga terigu menyatu. Masukkan brokoli dan belut, aduk sebentar, matikan api. Hidangkan dengan nasi panas.

MUSHROOM RISOTTO ( 9 Bulan+ )

Resep: Mama Mitha

Bahan:

1sdm nasi putih

1buah jamur shiitake,rendam air panas,buang batangnya,cincang

5sdm air kaldu jamur (dr rendaman jamur)

10sdm air matang

1/2sdt butter

1siung bwg putih, parut

1sdt keju cheddar parut

1bonggol brokoli, parut bagian hijau tua-ny saja

1sdt daging cincang

Cara membuat:

-masak nasi putih bersama air matang sampai airnya berkurang

-masukkan bawang putih,air kaldu jamur dan daging cincang

-setelah airnya berkurang,masukkan brokoli,keju,butter..aduk2 sampai kental..angkat..siap disajikan

SUP JAMUR BERTABUR BINTANG ( 12 Bulan + )

Resep: Mama Florence

Okeh.. cerita ttg resepnya sih sebenarnya ga sengaja, Nana tuh dulu2 ga doyan jamur, jadi maminya memang jarang bikin masakan jamur deh.. Nah pas weekend kemaren ke resto fave kita n maminya pesan sup jamur yg memang uenak tenan disitu… Lhaa… pas dateng malah disabotase si bocah.. Padahal dia udah selesai makan makanan yang dibawa dari rumah alias udah kenyang. Maminya jadi gigit jari deeeh.. Pulang dari resto ke supermarket dengan semangat membera beli jamur. Bahan yang lain udah punya di rumah. Besok pagi bangun tidur langsung dicoba.. hasilnya ludes… hahaha.. sukses deh..

Bahan:

3 buah jamur champignon segar (sekitar 80gr)

1 sdm margarin (pake butter juga boleh)

1/2 sdm terigu segitiga biru

1 cangkir susu uht (sekitar 250cc)

2 lembar roti tawar

garam dan gula secukupnya

Cara memasak:

- 2 buah jamur dipotong dan diblender bersama susu. 1 jamur lagi dicincang kecil-kecil untuk memberikan tekstur n rasa jamur di sopnya. Kalau diblender semua, rasa dan tekstur jamurnya jadi hilang.

- Panaskan panci, masukkan margarin sampai meleleh. Masukkan terigu sambil diaduk hingga tidak menggumpal.

- Masukkan jamur dan susu, tambahkan garam dan gula sedikit. Aduk sampai mendidih. Matikan api.

- Cetak roti tawar dengan aneka bentuk. Karena Nana lagi hobi nyanyi Intang Eci (baca: Bintang Kecil) jadi aku cetak bintang deh….

- Panaskan wajan teflon datar, panggang roti sampai garing (crunchy).

- Sajikan sup di mangkuk dan tambahkan roti di atasnya, sisanya taruh di piring lain untuk dicelup-celup di sop.

Selesai deh.. Nana makan roti dicelup-celup sup sambil nyanyi “Intang eci…. ammm!!” (bintang kecil dimakannnn!!)

ROTI RAGOUT “MAS-ROOMS” KAKAP (12 Bulan+)

Resep: Mama Rara Nianra

Duh si filza blom dikenalin tuh ama jamur..ternyata eh ternyata jamur bisa dikenalin sejak 8M *hihi b’arti filza telat nih kenalannya ama si “mas-rooms”, ya gpp lah..keterlambatan itu membawa hikmah..perkenalan jamur sekalian diikutin resepnya ke tantangan MKH.

Bahan:

2 Lembar roti gandum

1 butir telur ayam kampung dikocok lepas

4 sendok olive oil untuk menggoreng

15 gram tepung roti

Ragout :

1sdm unsalted margarin

30 gram daging ikan kakap,cincang

20 gram jamur enoki (kukus sebentar)

1 sdm tepung terigu

30 cc susu cair

4 sdm keju parut

1 sdm bawang bombay cincang

Cara Membuat :

Ragout;

1. Panaskan margarin lalu tumis bawang bombay

2. Masukkan ikan kakap cincang, aduk hingga matang

3. Masukkan tepung terigu,susu cair, keju parut, aduk rata dan angkat apabila sudah mengental

finishing;

1. Siapkan roti tawar lalu olesi dengan ragout,lalu tata jamur enoki dengan kepala jamur diletakkan mengarah keluar ke ujung roti,kemudian gulung roti

2. Celupkan ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti

3. Goreng sebentar saja

taraa..dan hasilnya: filza doyan euy..bundana jg doyan (andai bikin banyak),so bundana ngalah deh,,smua buat filza ajah..

ini nih tips pembuatannya:

roti gandum kan agak tebal tuh,jadi susyah digulung..makanya bundana m’belah dua tuh roti tapi gk sampe putus..biar gampang pas digulungin

tahap penggorengan cuma bentar doang dengan minyak yg dikit sehingga dibolak balik gitu deh ngegorengnnya(so seakan2 ngegrill),klo mau deep fry sih gk repot bolak balik tp itu tuh..kandungan gizinya banyak yang ilang ntar..

Beef Steak with Mushroom Sauce ( 9 Bulan+ )

Resep: Mama Mitha

Bahan utama:

3 buah jamur shiitake kering,direndam air panas, batangnya dibuang, payung jamurnya dicincang, sisihkan

air rendaman jamur disimpan (kaldu jamur)

Bahan Steak:

1sdm daging giling

1sdt keju cheddar parut

1sdt tepung panir

1sdt jamur shiitake cincang

1siung bawang putih parut

Oregano secukupnya

Olive oil utk menggoreng

Bahan Mushroom Sauce:

1/4sdt tepung maizena

1sdt jamur shiitake cincang

6sdm air rendaman jamur (kaldu jamur)

Butter

Bahan Condiment:

Mashed potato:

100gr Kentang kukus

Sisa jamur shiitake cincang

Butter secukupnya

Keju cheddar parut secukupnya

Oregano

Brokoli kukus

*bole juga ditambah wortel kukus ato sayuran yg lain :)

Cara Membuat:

-Beef Steak:-campur semua bahan, lalu bentuk bulat pipih, simpan sebentar di kulkas

-selagi menunggu beef steak..kukus sayuran utk condiment (kentang dan brokoli)

-Mashed potato:-lumatkan kentang kukus menggunakan garpu,masukkan keju,jamur,butter n oregano. Sisihkan

-Siapkan wajan,panaskan olive oil,lalu goreng beef steak sampai matang. Sisihkan

-Mushroom Sauce:-menggunakan wajan bekas menggoreng steak,panaskan butter,masukkan tepung maizena dan jamur cincang..lalu masukkan air kaldu jamur..masak sampai mengental. Sisihkan

Penyajian:

-letakkan beef steak ditengah bawah..mashed potato yg sudah dibentuk bulat di kanan atas beserta brokoli kukus.. Dan mushroom sauce sebelah kiri atas n diatas beef steaknya.. Voila! This is it.. Beef steak with mushroom sauce a la mama mitha :)

Tuna Panggang Saus Jamur Paprika (12 Bulan+)

Resep: Mama Wulandari

Ide bikin ini datang saat pingin kasih sajian tuna yang beda buat Nafi’. Juga untuk menyamarkan amisnya tuna. Resepnya sangat simpel dan cepat dibuat. Karena ibunya sekarang bekerja, jadi putar otak cari menu yang gampang dan cepat. Alhamdulillah, Tuna panggangnya habis dimakan Nafi’ bareng sup tomat telur-jamurnya

Bahan:

140gr Tuna fillet, belah 2

½ buah paprika hijau, iris kotak-kotak halus

25gr jamur tiram, iris halus

3 sendok makan jus tomat segar

2 sendok makan kecap manis

1 sdt tepung maizena, larutkan dgn 50 ml air

50ml air untuk kuah saus

¼ siung bawang bombay, cincang halus

2 siung bawang putih, cincang halus

Lada putih secukupnya

Butter untuk menumis

Cara membuat:

Panggang ikan tuna di wajan anti lengket sampai matang, sisihkan (panggang 1 bagian dulu untuk dimakan langsung).

Tumis duo bawang sampai harum, masukkan paprika, tumis sampai agak layu

Tambahkan jamur, jus tomat, kecap, air, dan lada. Aduk sampai mendidih.

Tuangkan larutan maizena, aduk rata, biarkan sampai mengental dan meletup-letup, matikan api

Penyajian:

Tata ikan tuna di piring siramkan dengan saus jamur paprika. Sajikan hangat. Resep untuk 2 porsi.

CRISPY TERIYAKI ROLL [ 12 BLN + ]

Resep: Mama Erma Anindyari

Bumbu Isi Crispy Roll (Teriyaki):

* Bw putih 3

* Bawang merah 3

* Merica dan Pala secukupnya

* Garam

*Kecap Manis

Bahan Isi Crispy Roll (Teriyaki):

* Ayam Fillet 1/4 kg

* Jamur Merang (basah), sesuai selera

* Bawang Bombai (ukuran sedang) 1 buah

* Daun Kucai (1 ikat)

* Kulit Lunpia yg sudah ready to cook di SPM

Cara Membuat Isi Crispy Roll (Teriyaki):

* Ayam direbus matang, sisihkan, setelah dingin dicincang

* Jamur kuping diseduh air panas, cincang kecil-kecil, sisihkan

* Bawang Bombang cincang halus, sisihkan

* Daun Kucai, cincang halus, sisihkan

* Setelah bumbu semua dijadikan satu, dihaluskan, dan ditumis dng api kecil & minyak.

* Setelah tumisan bumbu harum, masukkan cincang’an ayam, jamur kuping, dan bawang bombay, tumis sampai matang lalu tambahkan kecap manis, garam, dan air sedikit (untuk melembutkan tekstur ayam dan jamur)

* Apabila sudah pas bumbunya, matikan api, dan taburi dengan daun kucai.

Cara membuat crispy roll:

* Letakkan 1 lbr kulit Lunpia diatas piring, taruh setengah kepal nasi putih pas di tengah kulit lunpia.

* Atur horisontal, jgn terlalu tebal. Lalu letakkan Teriyaki ayam dan jamur diatas nasi.

* Lipat/gulung lunpia, dan goreng diatas api kecil.

* Jangan terlalu lama menggorengnya, apabila sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

TIM AYAM JAMUR SOYUNGTEL a’la SC ( 8 Bulan+ )

Resep: Mama Ditta

Bahan :

2 sdm beras coklat

1 ptg dada ayam kampung

3 lembar jamur kuping

Wortel secukupnya

Oyong secukupnya

Sukini (Zucchini) secukupnya

1 sdt Olive Oil

250 ml air

Cara memasak :

- Cuci beras dgn bersih

- potong kecil2 dada ayam, wortel, oyong dan sukini.

- masukkan semua bahan kedalam slowcooker

- masak kurang lbh 3 jam dgn slowcooker atau hingga seluruh bahan lembut

- setelah matang,haluskan terlebih dahulu dan sajikan hangat.

4 pemikiran pada “MKH Mei 2010 – JAMUR

  1. Waaahh…resep yg lain kayaknya enak-enak dan kreatif, resepku kok bisa masuk 3 besar yaaa?? -gak percaya-
    btw mbak depe, namaku salah tuuuhh…hehehe… no problem mbak :D, namanya susah ya..

  2. Ping-balik: Sip! Menang MKH Mei! « Blognya Saufa Yardha

  3. resepnya inovatif..yang saya mau tanya, cara buat kaldu jamurnya gimana ya?
    soalnya tertarik coba masak mushroom risottonya mama mitha.
    Tolong infonya yaa…terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s