MKH Juni 2010 – Ikan Tuna

Ini dia! Kumpulan Resep dengan bahan IKAN TUNA yang dibuat oleh para Mama Koki Handal : Angelica Rini, Dian Natalie, Sitha Puspita, Yudith Mangiri, dan Rara Pramasasya. Silakan dicoba!

TUMATOYAM – Tuna Mango Potato Bayam [9 Bulan+]

Resep : Mama Angelica Rini

Bahan :

1 buah kentang, cuci, kukus, lumatkan/haluskan, sisihkan

30-50 gr tuna, kukus dan hancurkan dengan garpu

1/2 bagian mangga (aku pake gedong gincu) ukuran kecil, kupas, haluskan

5 lembar bayam dicincang halus

1 siung bawang putih, cincang

1 siung bawang merah, cincang

Minyak goreng/butter utk manumis

* sayur bayam bisa diganti sayur lainnya sesuai persediaan dirumah.

Cara memasak :

*tumis bawang merah dengan minyak goreng/butter hingga harum

* masukkan bawang putih, tumis hingga layu

*masukkan tuna, tumis sebentar karena sudah dikukus sebelumnya, hanya supaya menyatu dengan bawang2

*masukkan mangga dan bayam, tumis hingga bayam matang.

* siapkan kentang kukus yg sudah dilumatkan (mashed popato), siram dengan tumisan tuna mangga bayam.

* siapkan anak anda, dan sajikan selagi hangat.. Semoga lahap..

Seneng bgt deh, dapat tantangan ikan tuna bulan ini, paaas banget baru aja beli ikan tuna di pasar, karena anakku (1y) baru nyobain tuna. Agak telat ketemu ikan lautnya, karena aku nyobain ikan2 tawar dulu.  Anakku termasuk pemakan segala sayur dan lauk, lahap semuanya. Kalau diperhatiin, dia paling suka asem manis, mungkin karena segerrr, makannya bisa mangap terus. Kebetulan ada mangga di kulkas, dicobalah menggabungkan tuna dan mangga ini, waow, hasilnya, 3menit, habis tak bersisa.. :-p

TUNA POCKET [2 Th+]

Resep : Mama Rara Pramasasya

Bahan :

75gr ikan tuna fillet

1/4 bh bawang bombay, cincang kasar

1 bh tomat, potong dadu

200 gr kentang utuh

50gr keju mozarella ( boleg diganti keju leleh lainnya )

1 sdm unsalted butter

1/2 sdt garam

5 tangkai daun parsley, cincang halus

Cara membuat :

1. Cuci bersih kentang, potong menjadi dua, biarkan kulitnya tidak dikupas. Kukus selama 15 menit. Angkat, sisihkan.

2. Buat adonan isi : Cuci ikan, cincang kasar. Panaskan wajan, masukkan unsalted butter, tumis bawang bombay lalu tuna, bombay dan daun parsley. Bumbui dengan garam. Tumis hingga ikan matang. Angkat.

3. Ambil kentang, lubangi bagian tengah ( ambil sebangian isi kentang ) menggunakan sendok kecil. Isi dengan adonan.

4. Tabur bagian atas kentang dengan keju mozarella dan taburan daun parsley. Panggang dalam oven 100C selama 5 menit. Tuna pocket siap disajikan :)

Note: Sisa kentang jgn dibuang ya, bisa dibikin kroket, mashed potato ato tuna pie

Lovely Tuna Orange [ 9 Bulan+]

Resep: Mama Dian Natalie

Bahan:

175 gr Tuna fillet (cincang atau proses menggunakan food processor)

25 gr oatmeal yang sudah dihaluskan

40 gr bawang bombay (cincang kasar)

1 siung bawang putih (cincang halus)

1 kuning telur ayam kampung

25 gr keju parut

50 gr labu parang parut (gunakan parutan keju)

1 sdt unsulted butter untuk menggoreng

Saos jeruk:

1 buah jeruk baby pacitan – peras-ambil airnya saja

1 sdm yoghurt plain

1/2 sdt butter campur dengan 1 sdt oatmeal halus – untuk mengentalkan saos

Cara membuat:

Campur tuna, oat, bawang bombay, bawang putih, keju, labu parut an kuning telur jadi satu adonan. Aduk rata.

cetak adonan dalam cetakan cookies bentuk hati.

Kukus selama 15 menit.

Panaskan butter, goreng lovely tuna yang telah dikukus hingga kuning keemasan.

Masak air jeruk dalam butter sisa menggoreng tuna, tambahkan yoghurt. Setelah mendidih, masukkan campuran butter&oat sebagai pengental.

Hidangkan lovely tuna dengan disiram saos jeruk.

Cerita resep:

Sehari-hari, Harmony selalu makan yang dikukus atau direbus. seringnya malah dicampur semua di sc, ringkas dan sehat. Pingin deh sekali-kali masak yang spesial seperti menu restoran gitu lhow..dengan penampilan yang berbeda (walaupun akhirnya mesti dihancurin juga). Pas ada tantangan MKH, pas udah 9 bulan (udah bisa ikan-ikanan) jadi deh resep spesial ini. Langsung deh di haapp…yummy mami..Dan lovely tuna ini bisa disimpan di kulkas setelah di kukus, bisa buat lauk besok deh, tinggal goreng pake butter kalo mau dimakan.Siip!

Tuna Macaroni Balls [1 th +]

Resep: Mama Yudith Mangiri

Kebetulan banget denbaguse Sebastian lagi picky-picky alias gak mau makan per-nasi-an :-D. Jadi emaknya cari ide bikin menu sarapan yang mantap. Tapi tambahan bumbu seperti garam dan gula silahkan di kira-kira secukupnya, karena terus terang saja denbaguse belum icip-icip gulgar.

bahan:

50 gr macaroni

1 sdm minyak sayur

100 gr ikan tuna, rebus, suwir-suwir

1 sdm unsalted butter

½ bh bawang bombai, cincang halus

2 siung bawang putih, haluskan

100 ml yoghurt tawar

1 sdm tepung terigu

25 gr keju cheddar parut

Garam dan merica bubuk secukupnya

Melted cheese, potong dadu

Lapisan:

1 butir telur, kocok rata

50 gr tepung panir

Cara membuat:

1.       Rebus air, tuang 1 sdm minyak sayur. Masukkan macaroni, tunggu hingga matang, angkat, sisihkan.

2.       Panaskan unsalted butter, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.

3.       Masukan macaroni, tepung terigu, yoghurt, keju parut, garam dan merica bubuk, masak hingga matang, angkat.

4.       Campur adonan macaroni dengan suwiran ikan tuna hingga rata.

5.       Ambil 1 sdm adonan, letakkan satu potong melted cheese di bagian tengahnya, lalu bulatkan seperti bola dengan bantuan lembaran plastik.

6.       Celupkan ke dalam telur kocok, lalu gulingkan ke tepung panir.

7.       Goreng dalam minyak panas. Setelah kering dan kecokelatan, tiriskan. Sajikan hangat.

Tips:  Saya menggunakan jenis macaroni abjad yg bentuknya sangat kecil, kalau moms menggunakan macaroni elbow mungkin setelah direbus dicacah dulu biar tidak terlalu besar dan gampang menyatu.

FUSSILI TUNA CARO CARO [ 12 Bulan+]

Resep: Mama Sitha Puspita

Resep ini sebenarnya umum sekali dan mudah. Saya biasanya memasak pasta dgn saus krim seperti ini bersama dgn daging lain, bukan dengan tuna. Namun berhubung tantangan MKH Juni 2010 bertemakan TUNA, jadi tak ada salahnya dicoba membuat Fusilli Tuna dengan tambahan wortel sehingga bernama Fusilli Tuna Caro-caro (Carotte : Wortel).

Bahan:

Minyak sayur secukupnya utk menumis

1/2 bawang bombang, kupas, iris tipis (atau kotak2 kecil)

1 siung bawang putih, kupas dan hancurkan dengan garlic masher

250 g daging tuna segar, iris kotak2 kecil

30 g wortel baby, iris kecil2

3 sdm krim cair

250 g pasta fusilli

Cara memasak:

Dalam satu panci, masak pasta sesuai petunjuk dalam kemasan. Setelah matang, sisihkan sebentar, kemudian potong2 sesuai kemampuan kunyah bayi/anak

Dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu

Masukkan irisan tuna, masak sampai matang

Masukkan irisan wortel baby, masak kurang lebih 2 menit saja

Terakhir, tambahkan krim cair dan aduk rata. Biarkan meletup sebentar, kemudian matikan kompor. Saus krim tuna siap.

Penyajiannya bisa dicampur antara pasta dengan saus krim-nya. Namun bisa juga dipisahkan, tergantung selera saja.

Note: Bisa tambahkan keju parut bila suka, Besar kecilnya irisan tuna disesuaikan dgn kemampuan kunyah bayi/anak

3 pemikiran pada “MKH Juni 2010 – Ikan Tuna

  1. Ping-balik: Tuna Macaroni Balls « Hot and Cool Mommy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s