MKH Januari 2010 – APEL MALANG

Ini dia!

Resep Handal Para Finalis MKH Januari 2010 dengan bahan dasar : Apel Malang

BURGER APEL SAUS BISTIK [ 12 Bulan + ]

Resep Karya : Mama Yudith Mangiri


bahan burger:

50 gr daging sapi giling

2 lbr roti tawar gandum, buang kulit

2 sdm wortel serut

1 bh apel malang potong kotak kecil

1 sdm bawang bombay cincang

50 ml air matang

olive oil/ unsalted butter untuk menumis

bahan pelapis:

1 butir telur ayam kampung, kocok

havermut halus (havermut yang sudah diblender) secukupnya

bahan saus bistik:

1 sdm bawang bombay cincang

100 ml air kaldu

1 sdt kecap manis

unsalted butter

cara membuat:

1. tumis bawang bombay dengan olive oil/ unsalted butter sampai wangi, masukkan potongan apel malang, tumis sebentar sampai apel terlihat agak layu. angkat, sisihkan.

2. potong/ sobek kecil-kecil roti tawar gandum, kemudian direndam dengan 50 ml air matang.

3. campur tumisan apel, lumatan roti tawar, daging giling dan wortel.

4. letakkan dalam panci kukusan berbentuk bulat, kukus selama kurang lebih 20 menit. angkat dan dinginkan.

5. olesi/ gulingkan pada kocokan telur dan taburi tepung havermut hingga rata, goreng sampai kuning kecoklatan, angkat.

6. saus bistik: tumis bawang bombay hingga wangi dan layu, tuangkan air kaldu. setelah mendidih tambahkan kecap manis. angkat.

tips:

1. burger apel saus bistik bisa dihidangkan sebagai sarapan pagi dengan rebusan wortel dan buncis. berhubung Basti gak suka buncis maka cukup dengan stik wortel saja.

2. kalau mau saus bistik agak kental, bisa ditambahkan larutan maizena yang dimasukkan setelah saus mendidih. kalau Basti sukanya banjir :D

3. untuk anak diatas usia 1 th bisa ditambahkan bumbu seperti merica dan garam, tapi saya masih bertahan tidak memakainya, selama Basti masih mau gak masalah toh

=================

JUS IJO – 10 Bulan+

Resep : Mama Yudith Mangiri

jus sayuran gak melulu wortel kan?… udah warnanya ijo seger, sehat lagi, ditambah apel manis dan jeruk yang seger… habis aja dilahap ma Basti 

bahan:

6 lbr daun sawi ijo

2 bh apel malang ukuran sedang, kupas, potong kotak

1 bh jeruk baby, ambil airnya saja

cara membuat:

kukus daun sawi kurang lebih 3-5 menit, blender bersama apel dan air jeruk, hidangkan. kalau kurang encer bisa ditambahkan lagi air jeruknya.  buat garnish *gaya… bisa ditaburi apel kukus yg dipotong kecil-kecil sekalian buat belajar ngunyah. gampang toh ^-^

======

MUFFIN APEL KEJU 12 Bulan+

Resep : Mama Nandra Janniata~Zuhri

Bahan :

- 150 gr Tepung Terigu
- 3 butir telur (kuningnya saja)
- 100gr gula pasir
- 200gr Apel Malang atau 1 buah Apel ukuran sedang
- 1 sdm air perasan Jeruk Lemon
- 1 sdt kayu manis bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- 50 gr mentega yg dilelehkan
- keju parut

Cara buat :

1. Kocok kuning telur bersama gula pasir, masukkan apel yang telah dicincang halus bersama air lemon, aduk rata.

2. Campur tepung terigu, kayu manis bubuk, baking powder, masukan bersama kedalam adonan telur, aduk rata sambil pelan-pelan masukkan mentega leleh

3. Isi adonan dalam cetakan muffin yang telah diolesi margarine atau bisa juga dilapisi kertas kue, beri taburan keju parut di atasnya, panggang dalam oven 220 derajat-35 menit.

===================================

KENTANG PANGGANG LAPIS APEL MALANG – 11 Bulan +

Resep: Mama Sari Fitri

Bahan :

Kentang 1 buah yg agak besar

Daging Giling 50grm

Buncis 4 buah,iris tipis

Wortel 1/2 bagian,parut

Apel Malang kurleb 20grm,iris tipis2

Bawang Putih 1 buah,keprek iris halus

Bawang Bombay 5grm atau 1/4 bagian

Lada 1sdt

Daun Bawang 1/2 Helai,cincang halus

Seledri 1 Helai,cincang halus

Tomat 1/4 Bagian,iris halus tipis

Keju Cheddar 25 grm

Unsalted Butter 10 grm

Air Putih 100cc

Telur ayam kampung 1 buah,kocok dgn 1 sdm airputih/kaldu daging.

Cara Membuat :

1.Kentang Kukus,haluskan dan sisihkan

2.Tumis Bawang Putih+Bawang Bombay+Lada+Daging Giling dengan Unsalted Butter.

3.Setelah Daging matang,masukkan wortel parut+buncis+daunbawang+seledri,aduk rata,masukkan air putih agar sayuran lunak.

4.Setelah sayuran lunak,masukkan irisan tomat dan masukkan keju parut 1/2 (yg 1/2 lagi utk tabur,atau sesuaikan). Aduk terus hingga saat,sisihkan.

5.Siapkan mangkuk stainless atau aluminium foil,olesi sisinya dgn butter.

6.Susun Kentang Halus,kemudian bahan tumis lalu diatasnya susun apel malang yg telah diiris tipis,kemudian bahan tumis,trus apel malang,sampai bahan tumis habis,terakhir masukkan kentang sbg penutup.

7.Siram dengan telur yang telah dikocok.

8.Panggang dalam microwave slm 10 menit atau kukus di dandang kurleb 15 menit.

9.Hidangkan dan taburi dengan keju parut.

==========================

SALAD APEL – 12 Bulan+

Resep: Mama Luh Ayu

Bahan:

- 200gr apel malang (atau satu buah apel ukuran sedang)

- 1 siung bawang merah

Bahan Saus:

- 1 sdm kecap ikan

- 1 sdm olive oil

- 2 tangkai daun ketumbar

- 1/2 sdm gula pasir

- 1 sdm air jeruk nipis

- garam secukupnya

Cara membuat:

1. Iris apel bentuk korek api, rendam dalam air matang yang sudah dibubuhi sedikit garam agar warnanya tidak coklat.

2. Iris bawang merah.

3. Campur semua bahan saus dalam mangkuk

4. Tiriskan apel dari air garam, campur dengan irisan bawang merah dan siram dengan saus. Terakhir tambahkan irisan daun ketumbar.

5. Sajikan

Oh ya buat mama bisa ditambahkan irisan cabe rawit, uugh seger banget.

=====================

TALAM PELANGI – 7 Bulan+

Resep : Mama Novita

Bahan A

1 buah apel malang, potong 4 kukus beserta kulitnya

1 potong kabocha, kukus jangan sampai terlalu lunak

Bahan B

20 gr tepung beras (aku menggunakan tepung beras coklat yang kaya vit B)

5 gr tepung jagung/maizena (apabila si baby belum diperkenalkan tepung

jagung bisa di skip)

60 ml air

Bahan C

20 gr tepung beras putih

100 ml air

Cara membuat :

Kupas kulit apel kukus, haluskan dengan menggunakan saringan.

Campurkan 40 gr puree apel dengan air sampai berjumlah 100 ml (puree apel

+ air)

Masukkan tepung beras dan tepung jagung, aduk rata.

Tuangkan di cetakan kue talam atau cetakan puding setinggi 1/2 cetakan

Kukus selama 15 menit

Sementara mengukus, siapkan adonan untuk lapisan kedua.

Campur tepung beras putih dan air (bahan C)

Kabocha kukus dipotong dadu kecil. Lalu masukkan kedalam adonan tepung.

Tuang adonan ini diatas cetakan berisi adonan B sampai penuh

Kukus 15 menit lagi

Talam pelangi siap dihidangkan.

==================================

SOP SALMON ASAM MANIS – 9 Bulan+

Resep : Mama Margaret Fendi

BAHAN:

• 30gr salmon cincang (lepaskan kulitnya sebagai kaldu)

• 50gr apel malang manalagi, parut kasar

• 40gr tomat, parut

• 1 bh bawang putih, haluskan

• 1 siung bawang merah, haluskan

• ¼ batang daun bawang, iris halus

• ½ ruas jari jahe, keprek

• ½ ruas jari lengkuas, keprek

• 1 lembar daun salam

• 1 lembar daun jeruk utuh (gak usah diambil tulangnya)

•150 cc air

CARA MEMBUAT:

Panaskan air, masukkan kulit salmon, bawang merah+putih, jahe, lengkuas, daun jeruk & daun salam, rebus sampai mendidih.

Masukkan salmon sampai berubah warna.

Masukkan apel & tomat serta daun bawang.

Masak sampai air tinggal sedikit. Angkat, sajikan hangat.

*kalau bayinya gak alergi susu sapi,bisa ditambah ½ sdt keju parut supaya gurih..(Sayang..anakku alergi,jadi gak bisa pake keju..T_T)

==============================

MAKARONI SAUS APEL – 10 Bulan+

Resep : Mama Echie

Bahan

•segenggam/2sdm makaroni

•¾ buah apel,cacah halus

•10 gram daging giling

•½ buah wortel,parut,sisakan 2 lembar untuk hiasan

•1 siung bawang putih

•½ batang daun bawang

•½ bawang bombay

•kuning telur ayam,kocok

•½ buah tomat,kupas,cacah halus

•10 gram keju,parut

•2 kuntum brokoli,cacah halus

•1sdm butter/margarine untuk menumis

Cara buat

Rebus makaroni hingga merekah,kukus bersama kocokan telur.Tumis bawang putih dan bawang bombay dgn butter,masukan daging giling,aduk,lalu masukan wortel,tomat dan apel,aduk terus hingga harum dan daging matang. Masukan keju,aduk rata hingga mengental,masukan brokoli,aduk ² sebentar.Terakhir campur makaroni dengan saus. Sajikan.

==================

APPLETART – 12 Bulan+

Resep: Mama Meylinda Sitinjak

Bahan:

- 1000 cc susu UHT

- 250 gr gula pasir

- 50 gr tepung terigu

- 75 gr maizena

- 150 gr mentega

- 6 btr kuning telur

- 4 butir apel malang (kurang lebih 500gr, potong kotak2 kecil)

Toping:

- 6 btr putih telur

- 4 sdm gula pasir

- 2 sdm tepung terigu

- 90 gr kismis

Cara Membuat Adonan:

- Larutkan tepung terigu & maizena dengan 200cc Susu UHT

- Campurkan Susu UHT 800cc dengan gula pasir; didihkan.

- Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup

- Matikan Api kemudian masukkan mentega, aduk rata

- Masukkan potongan Apel Malang, aduk rata

- Masukkan adonan kedalam cup2 kecil (aluminium foil)

- Taruh cup-cup kecil ke dalam Loyang yang sudah di isi air sepertiga tinggi loyang, kemudian dibakar sampai setengah matang.

Cara Membuat Toping:

- Kocok putih telur dan gula pasir dengan mixer sampai kaku

- Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula

- Semprotkan adonan toping keatas adonan setengah matang, kemudian taburi dengan kismis.

- Bakar kembali sampai toping berwarna kekuningan/kecoklatan.

Sebenernya ini resep awal klapertart, cuma kelapa nya diganti apel dan disesuaikan dengan bahan dan ada di rumah.. Hasilnya adalah seperti fla isi soes, jadi harus di sendok dari cup-nya, seperti makan ice cream J lebih enak disajikan dingin. Josia lagi hobby banget makan sendiri, pengennya nyuap sendiri.. kalo disuapin suka ngambek.. nah dengan cemilan apeltart ini lumayan bisa kesendok karena hasilnya kental jadi kalo sendok dicelup aja pasti ada yang nempel.. meskipun megang sendoknya miring2 apeltartnya ga akan jatoh.. meskipun tetep belepotan..

====

Salam,

♥ MamaKoki ♥

http://twitter.com/mamakokihandal/

http://mpasirumahan.com/

KENTANG PANGGANG LAPIS APEL MALANG

Bahan :
Kentang 1 buah yg agak besar
Daging Giling 50grm
Buncis 4 buah,iris tipis
Wortel 1/2 bagian,parut
Apel Malang kurleb 20grm,iris tipis2
Bawang Putih 1 buah,keprek iris halus
Bawang Bombay 5grm atau  1/4 bagian
Lada 1sdt
Daun Bawang 1/2 Helai,cincang halus
Seledri 1 Helai,cincang halus
Tomat 1/4 Bagian,iris halus tipis
Keju Cheddar 25 grm
Unsalted Butter 10 grm
Air Putih 100cc
Telur ayam kampung 1 buah,kocok dgn 1 sdm airputih/kaldu daging.

Cara Membuat :
1.Kentang Kukus,haluskan dan sisihkan

2.Tumis Bawang Putih+Bawang Bombay+Lada+Daging Giling dengan Unsalted Butter.

3.Setelah Daging matang,masukkan wortel parut+buncis+daunbawang+seledri,aduk rata,masukkan air putih agar sayuran lunak.

4.Setelah sayuran lunak,masukkan irisan tomat dan masukkan keju parut 1/2 (yg 1/2 lagi utk tabur,atau sesuaikan). Aduk terus hingga saat,sisihkan.

5.Siapkan mangkuk stainless atau aluminium foil,olesi sisinya dgn butter.

6.Susun Kentang Halus,kemudian bahan tumis lalu diatasnya susun apel malang yg telah diiris tipis,kemudian bahan tumis,trus apel malang,sampai bahan tumis habis,terakhir masukkan kentang sbg penutup.

7.Siram dengan telur yang telah dikocok.

8.Panggang dalam microwave slm 10 menit atau kukus di dandang kurleb 15 menit.

9.Hidangkan dan taburi dengan keju parut.
KENTANG PANGGANG LAPIS APEL MALANG

 

Bahan :

Kentang 1 buah yg agak besar

Daging Giling 50grm

Buncis 4 buah,iris tipis

Wortel 1/2 bagian,parut

Apel Malang kurleb 20grm,iris tipis2

Bawang Putih 1 buah,keprek iris halus

Bawang Bombay 5grm atau  1/4 bagian

Lada 1sdt

Daun Bawang 1/2 Helai,cincang halus

Seledri 1 Helai,cincang halus

Tomat 1/4 Bagian,iris halus tipis

Keju Cheddar 25 grm

Unsalted Butter 10 grm

Air Putih 100cc

Telur ayam kampung 1 buah,kocok dgn 1 sdm airputih/kaldu daging.

 

Cara Membuat :

1.Kentang Kukus,haluskan dan sisihkan

 

2.Tumis Bawang Putih+Bawang Bombay+Lada+Daging Giling dengan Unsalted Butter.

 

3.Setelah Daging matang,masukkan wortel parut+buncis+daunbawang+seledri,aduk rata,masukkan air putih agar sayuran lunak.

 

4.Setelah sayuran lunak,masukkan irisan tomat dan masukkan keju parut 1/2 (yg 1/2 lagi utk tabur,atau sesuaikan). Aduk terus hingga saat,sisihkan.

 

5.Siapkan mangkuk stainless atau aluminium foil,olesi sisinya dgn butter.

 

6.Susun Kentang Halus,kemudian bahan tumis lalu diatasnya susun apel malang yg telah diiris tipis,kemudian bahan tumis,trus apel malang,sampai bahan tumis habis,terakhir masukkan kentang sbg penutup.

 

7.Siram dengan telur yang telah dikocok.

 

8.Panggang dalam microwave slm 10 menit atau kukus di dandang kurleb 15 menit.

 

9.Hidangkan dan taburi dengan keju parut.

KENTANG PANGGANG LAPIS APEL MALANG

 

Bahan :

Kentang 1 buah yg agak besar

Daging Giling 50grm

Buncis 4 buah,iris tipis

Wortel 1/2 bagian,parut

Apel Malang kurleb 20grm,iris tipis2

Bawang Putih 1 buah,keprek iris halus

Bawang Bombay 5grm atau  1/4 bagian

Lada 1sdt

Daun Bawang 1/2 Helai,cincang halus

Seledri 1 Helai,cincang halus

Tomat 1/4 Bagian,iris halus tipis

Keju Cheddar 25 grm

Unsalted Butter 10 grm

Air Putih 100cc

Telur ayam kampung 1 buah,kocok dgn 1 sdm airputih/kaldu daging.

 

Cara Membuat :

1.Kentang Kukus,haluskan dan sisihkan

 

2.Tumis Bawang Putih+Bawang Bombay+Lada+Daging Giling dengan Unsalted Butter.

 

3.Setelah Daging matang,masukkan wortel parut+buncis+daunbawang+seledri,aduk rata,masukkan air putih agar sayuran lunak.

 

4.Setelah sayuran lunak,masukkan irisan tomat dan masukkan keju parut 1/2 (yg 1/2 lagi utk tabur,atau sesuaikan). Aduk terus hingga saat,sisihkan.

 

5.Siapkan mangkuk stainless atau aluminium foil,olesi sisinya dgn butter.

 

6.Susun Kentang Halus,kemudian bahan tumis lalu diatasnya susun apel malang yg telah diiris tipis,kemudian bahan tumis,trus apel malang,sampai bahan tumis habis,terakhir masukkan kentang sbg penutup.

 

7.Siram dengan telur yang telah dikocok.

 

8.Panggang dalam microwave slm 10 menit atau kukus di dandang kurleb 15 menit.

 

9.Hidangkan dan taburi dengan keju parut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s