MKH April 2010 – Hidden Veggies

BROJAG OAT PELANGI (9 Bulan+)

(BROkoli JAgung Gravy)

Resep : Mama Debora Agung

Bahan :

- Havermut/oatmeal (saya pake merk ligo, kebetulan stoknya adanya itu) 3 sdm

- Brokoli 1 batang ukuran kecil (ambil kuntumnya saja)

- Jagung Manis ½ buah (diparut pake parutan kaju)

- Beef in Gravy 1 kotak (uk. ice cubes, ini adalah kaldu daging kental)

- Air 200 ml

- Keju cheedar di parut (saya pake merek diamond)

Cara membuat :

- Kukus brokoli, jagung parut, dan gravy kurleb 15-20 menit (masing2 ditempatkan dgn wadah stainless terpisah)

- Lalu haluskan brokoli boleh pake sendok saja atau pakai saringan kaat utk hasil lebih lembut

- Lalu masak oatmeal sampai masak, angkat dan bagi jadi 3 (tiga) adonan yaitu masing2 pada brokoli, jagung, dan gravy, kemudian dicampur rata tiap adonan.

- Lalu tempatkan pada wadah kotak yg ukuran sedang, masukan adonan campuran oat dan gravy pertama kali lalu campuran oat dan brokoli dan paling atas campuran oat dan jagung.

- Kemudian adonan dipindahkan ke tempat makan anak, lalu atasnya ditaburi dengan keju parut sesuai selera.

- BROJAG OAT PELANGI siap disajikan.

Notes :

• Dapat disajikan utk anak usia 9m+

• Untuk anak yg belum dapat mengunyah kasar oats nya bisa di haluskan/blender dulu

****

“PIZZA” Bihun Saus Brokoli (untuk 1y+)

Resep: Mama Yunita Wulandari

Bahan “Pizza”:

50gr bihun jagung , rebus, potong2 halus

½ batang wortel ukuran sedang, kukus ½ matang, parut halus

Tofu plain, aku pakai ¼ silinder, kalau mau lebih boleh.

1 butir telur ayam kampung

1 siung bawang putih, cincang halus

¼ siung bawang bombay, cincang halus

1 sendok teh minyak zaitun extra light, untuk menumis

1 sendok teh minyak zaitun extra light, untuk menggoreng

Bahan Saus Brokoli:

½ kuntum besar brokoli, kukus ½ matang, blender

½ batang wortel ukuran sedang, kukus ½ matang, parut halus

2 sendok makan keju cheddar parut

1 potong paha atas ayam kampung, kukus ½ matang, suwir halus/

50ml air

100ml susu UHT plain

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Oregano secukupnya

1 siung bawang putih, cincang halus

¼ siung bawang bombay, cincang halus

1 sendok teh minyak zaitun extra light, untuk menumis

1 sdm keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:

“Pizza”

Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan matang, angkat.

Campur bihun, tofu,telur, wortel parut dan tumisan bawang, aduk sampai tofu hancur dan rata.

Panaskan wajan anti lengket dengan minyak zaitun, tuangkan 2 sendok sayur adonan, masak hingga kecoklatan dan matang.

Angkat, tiriskan.

Saus Brokoli

Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan matang.

Masukkan brokoli yang sudah diblender,suwiran ayam kampung, wortel parut, oregano dan air.

Masak sampai air mendidih dan bahan matang.

Masukkan keju parut dan susu, aduk, rebus hingga mendidih

Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental dan meletup-letup.

Matikan Api.

Penyajian:

Taruh “Pizza” Bihun dipiring saji, tuangkan 2 sendok sayur saus brokoli, ratakan, taburi dengan parutan keju. Hidangkan hangat.

Untuk 2 porsi.

Note:

*brokoli dikukus untuk menghilangkan bau langu saat diblender

*saya tidak menggunakan gula dan garam karena belum mau memperkenalkan gula garam ke Nafi’. Tanpa gulgar, rasa saus tetap gurih 

*paha ayam kampung bisa diganti dengan fillet dada ayam

* bisa dijadikan sebagai cemilan dengan memperkecil ukuran pizza.

******

Flan Nasi Bayam ( 1Th+)

Resep: Mama Sitha Puspita

Resep ini merupakan modifikasi dari resep Flan Brokoli yang pernah dimasak suami saya. Berhubung brokoli agak sulit disembunyikan, jadi saya lebih memilih bayam untuk MKH April 2010 ini.Resep ini sebenarnya mudah dan sebagian bahannya hanya mencomot dari makanan utama yang ada di rumah. Misalnya:

- Bayam: Saya sisihkan sedikit saat saya memasak sayur bening bayam untuk keluarga

- Nasi putih: Saya comot sedikit dari rice cooker

Anak saya pada dasarnya menyukai semua makanan termasuk sayuran. Jadi, setelah masakan ini jadi, dia makan dengan cepat seperti biasa ^_^ Dan sengaja saya membuatnya dalam 3 porsi kecil karena sekalian untuk anak pertama saya yang berusia 8 tahun dan juga untuk saya. Saya membubuhkan sedikit garam dan merica dalam 2 porsi ‘non baby’ tersebut.

Masakan Flan Nasi Bayam ini bisa untuk main course ataupun snack. Dalam foto, anak saya menikmati Flan Bayam saat jam snack sore.

Bahan:

2 kuning telur

1 putih telur

10 gram bayam cacah yang sudah direbus/kukus

20 gram keju parut

50 gram nasi putih

Butter utk mengoles cetakan

60 ml susu cair UHT

Pala bubuk secukupnya

Alat:

3 cetakan kecil/individual berbahan gelas tahan panas (utk di dalam oven)

1 wadah besar berbahan gelas tahan panas yang muat untuk 3 cetakan kecil di atas

Cara memasak:

A.

Oleskan butter pada bagian dalam cetakan

Panaskan oven 140 derajat celcius dan masukkan wadah besar yang telah diisi air sepertiga bagian

B.

Sambil menunggu oven siap:

Bagi keju parut menjadi 3 porsi, dan letakkan di permukaan masing-masing cetakan

Bagi bayam menjadi 3 porsi, letakkan di atas keju parut pada masing-masing cetakan

Bagi nasi putih dalam 3 porsi, letakkan di atas bayam pada masing-masing cetakan

C.

Didihkan susu cair

Sambil menunggu susu mendidih, kocok telur dalam satu wadah sampai tercampur rata, bubuhi pala bubuk

Tuangkan susu cair yang sudah mendidih ke dalam wadah berisi telur+pala, tidak perlu diaduk

Tuangkan campuran susu+telur+pala ke dalam masing-masing cetakan (lihat bagian B)

Masukkan ke dalam oven yang sudah panas, pasang timer 30 menit

Saat timer sudah berbunyi, matikan oven, keluarkan flan dan dinginkan sebentar sebelum disajikan dalam mangkuk/piring si kecil

*****

PIZZA KENSAJU (1 Th + )

untuk 2 porsi

Resep: Mama Yudith Mangiri

Bahan:

100 gr kentang, kukus, kupas kulitnya

2 butir telur ayam kampung, kocok rata

2 sdm tepung terigu

sedikit merica halus

1 sdt daun bawang, iris halus

2 sdm olive oil

50 gr buncis, rebus, iris tipis

50 gr bunga kol, ambil kuntumnya, rebus

50 gr daging sapi giling

2 bh tomat ukuran sedang, parut

Saus jamur:

2 sdm bawang bombai, cincang

1 siung bawang putih, haluskan

100 ml krim kental

50 gr jamur champignon, iris tipis

1 sdm tepung terigu

1 sdm olive oil

Taburan:

2 sdm keju cheddar parut

Cara membuat:

1. Kukus kentang, kupas kulitnya selagi masih panas dan haluskan dengan garpu.

2. Campur kentang halus dengan telur kocok, tepung terigu, merica bubuk daun bawang.

3. Panaskan olive oil di atas wajan bulat diameter kecil, tuang sebagian adonan kentang, goreng hingga kedua sisi matang dengan warna kuning agak kecoklatan.

4. Tumis daging sapi giling diatas wajan tanpa menggunakan minyak, setelah berubah warna masukkan tomat parut, aduk rata, angkat.

5. Saus jamur: Tumis bawang putih dan bawang bombai cincang sampai wangi, masukkan jamur iris. Masak hingga jamur layu, masukkan tepung terigu, aduk cepat. Masukkan krim kental sedikit demi sedikit sampai kental, angkat.

6. Tata pizza kentang diatas mangkuk, taburi sayuran rebus, tumisan daging tomat dan disiram dengan saus jamur, taburi keju parut diatasnya. Panggang selama 5-10 menit. Sajikan hangat.

Notes:

• Sebagai penambah rasa boleh ditambahkan gula dan garam secukupnya. Tapi jujur nih, waktu saya icip hasil masakannya tanpa garam dan gula, uenak juga loh hehehe… denbaguse Basti? Jelas doyan lah J

• Wajan diameter kecil yang saya maksud yang biasanya digunakan untuk membuat pancake, kurang lebih 15 cm. Tapi kalau tidak punya bisa juga gunakan ring cetakan bulat yang diletakkan diatas wajan/ teflon ukuran besar.

• Pizza saya panggang dengan menggunakan panci bertutup yang sebelumnya diberi alas aluminium foil. Kalau menggunakan oven dikira-kira saja suhu panas dan lama masaknya. Pokoknya diliat keju dan saus jamurnya sudah agak meleleh.

***

YELLOW SUBMARINE (8Bulan +)

Resep: Mama Desy ‘echie’ Asri

Akhir ² ini kakang susah banget makan nasi,udah tau bentuk,hehm hehm berpikir ampe kepala kesemutan*lebay* akhirnya muncul ide bikin mashed potato pengganti nasi,berhubung tantangan MKH bulan ini hidden veggie,sayurnya dijadiin saus aja,,

Bahan:

2 kumtum brokoli

1 buah kentang kira ² 80gr

6 lembar daun bayam merah,iris halus

1 siung bawang putih

½ siung bawang bombay,iris halus

20 gram daging giling

10 gram keju,parut

10gram unsalted butter untuk menumis

5gram unsalted butter untuk campuran kentang

2 sdm makan maizena

Air putih matang 100ml

2 iris wortel untuk hiasan

Cara:

•Rebus kentang sampai empuk,lembutkan,sisihkan

•Rebus brokoli,hingga hijau dan empuk,iris ² halus.

•Tumis bawang putih,bawang bombay,daging giling hingga harum,tambahkan air,masukan bayam,sambil ditekan ² hingga bayam hancur,kentalkan dengan larutan maizena.

Cara penyajian:

>Campur kentang yg telah dilumatkan dgn sedikit butter,masukan brokoli,simpan brokoli didalam kentang,cetak sesuai selera(aku pakai cetakan kapal selam) Sajikan dipiring

>Iris wortel bentuk matahari

>Siram dengan saus bayam.

**********

Lasagna Brokoli (1th+)

Resep: Mama Dian Sigit

• Bahan :

6 lbr lasagna kering, rebus dg 2 lt air dan 1 sdm minyak goreng

2 buah brokoli, cuci bersih, rendam air panas selama 30 menit

• Saus Daging :

2 sdm margarin

1 buah bawang bombay cincang, potong dadu

8 siung bawang putih, geprek-cincang

300 gr daging sapi cincang

140gr pasta tomat

200 ml saus tomat

1 sdm oregano bubuk

1 sdt basil bubuk

2 sdm gula pasir

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

4 buah tomay, buang isinya, potong dadu

100 ml air

• Saus Keju :

2 sdm margarine

1 buah bawang bombay cincang, potong dadu

25 gr tepung terigu

500 ml susu cair

150 gr keju cheddar, parut

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

50 ml krim kental

• Taburan

25 gr keju cheddar parut dan 25 gr keju parmesan

Cara membuat :

1. siapkan pyrex, olesi dg margarin (karena pyrex saya mungil, jadi butuh 2 wadah)

2. Didihkan air masukkan lasagna kering dan 1 sdm minyak goreng, rebus selama 15 menit sampai matang, angkat tiriskan. (supaya tidak lengket stl diangkat sebaiknya lsg di letakkan lembar per lembar di piring)

3. Masak saus daging : masukkan margarin, tumis bawang putih+bawang bombay hingga layu dan harum, masukkan daging sapi cincang, pasta tomat, saus tomat, oergano, basil, gula pasir, garam, merica dan tomat, aduk2 hingga matang (daging berwarna kecoklatan). Tambahkan air, diamkan hingga air menyusut. Sisihkan.

4. Masak saus keju : masukkan margarin, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan susu cair, garam, merica, tepung terigu. Aduk hingga mengental. Stl itu masukkan keju cheddar parut dan krim kental, aduk2 hingga mendidih. Sisihkan.

5. Penyelesaian : Siapkan pyrex yg telah diolesi margarin, letakkan kulit lasagna, tuangkan saus daging-saus keju-tata brokoli, begitu seterusnya hingga pyrex penuh. Untuk topping nya : siram dengan saus keju, taburi dengan keju cheddar parut dan keju parmesan. Panggang dalam oven selama 30 menit. Angkat sajikan hangat :)

*****

Veggie Croquette with Chessy Brocoli Sauce (10 mos +)

Hasil jadi : 15 buah

Resep : Mama Indry Hadiutami

Kroket ini bisa dijadikan cemilan atau finger food buat yang lagi belajar mamam sendiri…

bikinnya gampang.. bisa sekalian nyetok di kulkas, trus kalo mau makan tinggal angetin sebentar di microwave deh. Resepnya dibawah ini:

Veggie Croquette:

3 buah kentang ukuran sedang,

2 buah wortel ukuran sedang, kupas, lalu parut kasar

10 buah baby buncis, dirajang halus

2 sdm ayam cincang

120 ml kaldu ayam

1 siung bawang putih

1 siung bawang merah

sejumput oregano

1 sdm unsalted butter/ olive oil

1 kuning telur, dikocok lepas

untuk yg sdh 1 th keatas bisa ditambahkan gula, garam dan merica sedikit

Chessy Brocoli Sauce :

150 ml kaldu ayam

2 sdm keju

1 sdm maizena dicairkan dengan sedikit air

5 kuntum brokoli, direbus sebentar lalu siram dengan air es, kemudian cincang kasar.

Cara membuat :

Kentang dicuci bersih, lalu dikukus sekitar 20-25 menit, lalu kupas kulitnya.. setelah itu dihaluskan,, sisihkan

Panaskan butter/ olive oil, tumis bawang putih dan merah sampai harum.. Masukan ayam cincang, aduk hingga berubah warna, tambahkan kaldu ayam masak hingga mendidih, (untuk yg sdh 1 th keatas bisa ditambahkan gula, garam dan merica sedikit)

masukan sayuran (wortel dan buncis) masak hingga matang dan kaldu menyusut. Sisihkan

Ambil 1 sdm kentang yg sdh halus, lalu isi dengan sayuran yg sdh di tumis.. bentuk bulat/ lonjong. lakukan sampai adonan habis.

Olesi setiap kroket dengan kuning telur

Siapkan loyang, olesi butter/ olive oil tipis.. susun kroket diatasnya..panggang dalam oven suhu 170′C selama kurang lebih 20-25 menit sampai kroket matang dan berwarna kuing keemasan

Saus : panaskan kaldu ayam hingga mendidih, masukan keju, masak hingga keju larut, masukan maizena, aduk terus hingga mengental dan meletup letup

Kroket yang sudah matang siap disajikan dengan saus keju yang ditaburi cincangan brokoli.

Alternatif lain : kroket ini selain dipanggang bisa juga digoreng sebentar dengan olive oil atau butter.

****

NASI BAYAM GENIT (9 Bulan+)

Resep: Mama Anggita Andrian

Sebagai working mom, ga tiap hari saya bisa menyiapkan sarapan untuk Darin. Nah, kalo waktu memungkinkan, saya akan masak sarapan yang mudah dan cepat. Dan berhubung Darin lagi doyan menu nasgor, supaya ga bosen, inilah salah satu variasinya: jreng…jreng..jreng.. Nasi Bayam Genit… Yup genit, selain karena warnanya merah keunguan, juga karena menu yg cepat ini Ibunya tetap bisa bergenit dandan mo ngantor *maksa*

Bahan:

5 sdm nasi

1/2 ikat daun bayam merah (haluskan/cincang halus)

2 sdm teri basah

1 sdm seledri cincang

Unsalted butter untuk menumis

Bumbu Halus:

4 bawang merah

2 bawang putih

Cara memasak:

Tumis bumbu halus dengan unsalted butter.

Masukkan teri basah, masak hingga matang.

Masukkan bayam merah, nasi, seledri.

Masak hingga tercampur rata.

Hidangkan hangat-hangat.

Catatan MKH: Untuk Anak 9 Bulan, sebelum diajikan bisa disaring terlebih dahulu. Untuk anak yang lebih besar, sajikan sesuai resep.

Selamat Mencobaaaa!!!!

♥ MamaKoki ♥

http://twitter.com/mamakokihandal/

http://mpasirumahan.com/

Satu pemikiran pada “MKH April 2010 – Hidden Veggies

  1. Ping-balik: Pizza Kensaju « Hot and Cool Mommy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s