MKH Agustus-September 2010 – LABU SIAM

Ini dia resep-resep handal dari kontestan Mama Koki Handal yang mencoba mengolah LABU SIAM menjadi makanan yang sehat dan enak! Selamat mencoba!

Roll Nasi Labu Udang [ 12 Bulan + ]

Mama Sukma Pertiwi

Resep Roll Nasi Labu Udang ini terinspirasi dari anak saya. Beberapa weekend terakhir ini, kami sering pergi keluar rumah dalam jangka waktu yang lama. Saya kesulitan untuk menyuapi Rara karena belakangan ini dia lebih tertarik kepada lauknya saja. Saya takut Rara kekurangan nutrisi, sehingga kadang saya membuat bola-bola nasi yang di dalamnya berisi sayur dan daging sekaligus. Dengan demikian, kebutuhan karbohidrat, protein dan serat dapat terpenuhi dengan sekali suap :). Praktis juga untuk dibawa berpergian.  Nah, kali ini, saya membuatnya seperti sushi. Caranya pun mudah, berikut resepnya.

 

 

A. Bahan isi :

1. Labu siam secukupnya (1/2 labu siam ukuran sedang +/- 150gr).

2. Air secukupnya ( 30 ml, karena labu siam juga sudah banyak kandungan airnya).

3. Nasi lembek, 3 sendok makan +/- 50gr.

4. Udang peci kupas, 50gr.

B. Bahan bumbu :

1. 1 sendok makan extra light olive oil.

2. 3 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih, iris tipis.

3. Ruas jahe 2cm, dikeprak.

4. Keju parut, 30 gr (optional, jika ingin lebih asin)

C. Bahan kulit :

1. Telur ayam 1 buah, kocok lepas.

2. 1 sendok makan extra light olive oil.

3. Tepung kanji 1 sendok makan dan air 3 sendok makan, dicampur dan dijerang diatas api sampai mengental (untuk lem).

Cara membuat :

1.  Siapkan extra light olive oil, panaskan, masukkan bawang merah, bawang putih, dan jahe. Tunggu hingga layu dan wangi.

2.  Masukkan udang peci, tumis hingga berubah warna, kemudian masukkan labu siam. Masukkan keju parut dan air, diamkan selama 3 menit di atas api kecil.

3.  Setelah itu nasi dicampurkan supaya nanti ketika digulung lebih menyatu.

4.  Untuk kulitnya, telur yang sudah dikocok lepas didadar dengan olive oil membentuk lingkaran kira-kira diameternya 15-20cm, sampai kuning kecoklatan.

5.  Siapkan telur dadar di alas yang lebih besar dan rata. Tuang bahan isi (nasi labu yang sudah dimasak) secukupnya, ke atas telur dadar.

6.  Gulung hati-hati sambil dipadatkan, dan beri lem kanji di akhir gulungan. Rekatkan dan diamkan sejenak.

7.  Potong menjadi 6 bagian. Santap hangat-hangat.

Mama papanya juga bisa makan dengan sambal kesukaan atau saus hoisin, enak juga lho. :)

=================================================================================

DUO LABU [ 11 Bulan + ]

Mama Dian Natalina

Bahan:

4 bh labu siam kecil – belah 2, bersihkan getahnya

50 gr ayam fillet-cincang

1 siung bawang putih – cincang halus

1 sdt irisan daun bawang

merica secukupnya

100 gr labu parang

40ml kaldu ayam

2 sdm keju parut

Cara membuatnya:

1.Buat cerukan pada bagian tengah labu siam-gunakan sendok kecil untuk membuat cerukan.

2. Campur ayam cincang dengan bawang putih, daun bawang dan merica. Masukkan adonan ayam dalam cerukan labu siam. Kukus selama 20 menit dengan api sedang.

3. Kukus juga labu parang, setelah lunak, haluskan dengan garpu kemudian saring untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

4. Rebus labu parang yang telah disaring bersama dengan kaldu, sampai meletup dan tercampur rata. Matikan api, masukkan keju. Aduk rata.

Siap dihidangkan.

Cerita resep:

duo labu ini udah jadi favorit harmonyku karena rasanya yang manis segar. Ide awalnya pingin buat siomay, tapi kok ragu-ragu mau kasih bumbu kacang, kan belum setahun takut alergi (mboke alergi macem-macem). Jadi deh dibuat saos labu parang yang sekaligus sebagai sup labu..hhmmm..ayam kukusnya jadi terasa enak karena matang bersama si labu siam-jadi terasa manis segar juga. Ditambah saos labu parang yang manis bercampur dengan gurihnya keju parut..yummy..smangat banget deh maemnya.

==============================================================================

KASEROL DUO LABU [12 bulan +]

Mama Yudith Mangiri

Pengen kasi cemilan yang ‘sehat’ buat denbaguse, labu siam di campur dengan labu parang biar rasanya tidak terlalu sepet *karena saya tidak memakai gulgar… dan tentu saja warnanya jadi lebih cerah :D

Bahan:

1 sdm olive oil

25 gr bawang bombai cincang

2 siung bawang putih cincang

50 gr fillet ikan dori, potong kecil-kecil

100 gr labu siam, potong kotak-kotak

50 gr labu parang, potong kotak-kotak

50 gr brokoli, ambil kuntumnya, cincang

1 butir telur, kocok rata

Sedikit merica bubuk

Saus keju:

1 sdm olive oil

1 sdm tepung terigu

100 ml susu cair

Sejumput merica dan pala bubuk

50 gr keju cheddar parut

Taburan:

2 sdm tepung panir

2 sdm keju cheddar parut

Cara membuat:

1.       Tumis bawang bombai dan bawang putih dengan olive oil hingga harum. Masukkan fillet ikan, labu siam, labu parang, lalu aduk-aduk hingga layu. Bubuhi merica bubuk, aduk, angkat. Masukkan telur kocok, aduk rata.

2.       Saus keju: panaskan olive oli, masukkan tepung terigu, aduk-aduk sebentar. Tuang susu cair sambil diaduk rata. Taburkan merica bubuk, pala bubuk dan keju. aduk hingga rata dan mengental. Angkat.

3.       Campur tepung panir dan keju, remas remas hingga membentuk butiran.

4.       Tuang adonan labu ke mangkuk. Tuang saus keju diatasnya, ratakan bahan taburan diatasnya. Panggang hingga masak (kurleb 30 menit). Sajikan hangat.

Notes:

·         Kaserol saya panggang dengan menggunakan panci bertutup yang sebelumnya diberi alas aluminium foil. Kalau menggunakan oven dikira-kira saja suhu panas dan lama masaknya.

========================================================================

Lodeh Susu [12 Bulan +]

Mama Luh Ayu Kusuma

Untuk tantangan kali ini, saya sampai bikin 3 resep eksperimen. Yang pertama sup labu siam yang entah kenapa anak saya nggak suka. Yang kedua pempek pistel tapi isinya yang biasanya pepaya muda saya ganti labu siam. Anak saya (Bodhi) doyan banget, tapi nggak dilombakan deh karena saya rasa labu siam hanya jadi pelengkap disini. Nah yang ketiga ini yang saya kirim, walaupun tetap rasanya nggak pede karena terlalu sederhana.

Bahan:

125ml susu sapi cair/susu kedelai

¼ buah labu siam ukuran sedang. Potong bentuk korek api

1 buah jamur kancing ukuran sedang

1 buah kentang ukuran kecil potong dadu

5 ekor udang ukuran sedang, buang kulitnya

Bisa ditambahkan kacang polong/wortel/jagung manis (sesuai selera)

Bumbu:

Sejumput garam, lada bubuk dan merica bubuk

1sdm Bawang bombang cincang

1 sdt bawang putih cincang

Setengah sendok teh bawang putih goreng untuk taburan

Cara membuat:

Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, lalu tuangkan susu dan masukkan bahan-bahan lainnya (udang yang paling akhir).

Setelah mendidih tambahkan bumbu, aduk rata dan matikan api.

Sajikan dengan taburan bawang putih goreng.

================================================

Fresh C2 : Chayote&Corn in a Cup [ 12 Bulan +]

Mama Sukma Pertiwi

Ini terinspirasi dari HUT kantor saya beberapa waktu yang lalu. Saat itu disajikan fresh cup corn yang biasa dijual di hypermarket. Saya pikir-pikir, kalau dari bahan rasanya saya bisa membuatnya sendiri di rumah. Saya campur jagung dengan labu, karena labu siam(chayote) ini 90%nya adalah air, dan rasanya manis gurih. hampir sama seperti jagung. Ketika dicoba pun enyakkk..:) Gurih manis alami datang dari dapur sendiri.

Bahan :

1. Jagung manis 3 buah

2. Labu siam 1 buah (yang besar)

3. Keju parut

4. Susu kental manis

5. Mentega/butter

Cara pembuatan :

1. Kukus hingga matang :

a. jagung manis yang telah dipipil

b. labu siam yang telah dihilangkan getahnya serta dipotong kotak-kotak.

2. Siapkan wadah/gelas, masukkan berdasarkan urutan :

a. jagung kukus

b. mentega/butter (1 sdm)

c. labu kukus

d. keju parut secukupnya ( 1 sdm)

e. susu kental manis (1 sdm)

3. Voilaa..siap dimakan hangat-hangat :) Dingin juga enak, tergantung selera anak, serta mama dan papanya.

===============================

Selamat Masaaaaaakkkk!

♥ MamaKoki ♥

http://twitter.com/mamakokihandal/

http://mpasirumahan.com/

 

Satu pemikiran pada “MKH Agustus-September 2010 – LABU SIAM

  1. Makasi MamaKokiHandal…. ini berarti terakhir aku ikutan lomba MKH yak hiks…. paling nggak dapat juara :D horeeeee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s