Home >> Resep Mama Kece >> Resep Bone Broth alias Kaldu Tulang
Resep Bone Broth alias Kaldu Tulang
MakMod @depezahrial mencoba berbagi resep kaldu tulang alias bone broth
Makmod DepeZahrial /
Tue Oct 2015, 11:10
nyamnyam!

Hai Mama Kece, kali ini MakMod @depezahrial mencoba berbagi resep kaldu tulang alias bone broth ala diet paleo yang dipercaya memiliki khasiat menambah daya tahan tubuh kalau diminum. 

Soal khasiat sih belum bisa kami buktiin, tapi hasilnya berupa kaldu yang bener-bener gurih dan rich emang setara sama lama masaknya. Cucok buat masakan MPASI Rumahan bayi dan keluarga! 

Dianjurkan menggunakan Slow Cooker untuk masak ini. Bisa juga pakai api kecil di kompor biasa, tapi, kayaknya mahal gasnya ya :D

 

Bone Broth alias Kaldu Tulang 

www.mamakukokihandal.com

Bahan: 

300 gr tulang belulang ayam (pakai bagian punggung ayam, ceker ayam juga boleh atau bagian tulang sapi yang masih ada sedikit urat/kolagen)

250 gr sawi putih potong-potong

250 gr wortel potong-potong

1 sdm cuka beras atau cuka biasa atau bisa pakai 2 sdm air lemon

1500 ml air matang

sedikit minyak untuk 'browning'

Cara Membuat

1. Mari browning tulang belulang. Fungsinya supaya kaldunya lebih enyak! Caranya bisa dengan ditumis/dipanggang. Yang pasti lumuri tulang belulang dengan minyak, lalu panaskan di wajan sampai mencoklat (tapi nggak gosong). Kalau mau dipanggang/oven juga bisa. Setelah dilumuri minyak dikit lalu bungkus dengan alufoil dan panggang di wadah tahan panas 20 menit di 180 derajat.

2. Setelah itu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi sayuran bersih dan sudah dipotong.

3. Tambahkan cuka beras/cuka biasa/air lemon. Ini gunanya untuk membantu mengurai kalsium yang ada di tulang belulang dan mengempukkan kalo ada sisa-sisa daging.

4. Tambahkan air.

5. Setel slow coooker di LOW masak minimal 24 jam. Makin lama makin kental dan endes. Maksimal 30 jam ya.

5. Saring, gunakan atau simpan :)

comments powered by Disqus