BSKS || LOAF ROTI SAGALA AYA

Hahahaha… Nama rotinya ngasal banget. Tapi emang bener begitu adanya. Sagala aya alias semua ada. Karbohidrat, Protein, Sayuran yang mengandung vitamin mineral serta biji-bijian yang mengandung banyak manfaat omega-3 seperti chia dan flax.

Cara membuatnya mudah, dan bisa digunakan untuk pengganti roti tawar biasa. Artinya, Mama bisa membuat roti ini sebagai bekal sandwich(dipanggang, diisi telur/daging, saus bolognaise) atau dimakan begitu saja.

Untuk 1 loaf roti ukuran + 20 x 10 x 5 cm

BAHAN A:

150 gr tepung protein tinggi/cakra kembar

50 gr tepung protein sedang/segitiga biru (kalau mau lebih berserat ganti dengan 50 gr wholemeal)

40 gr gula pasir

4 gram ragi instan (fermipan/saf instan/mauripan)

10 gr susu bubuk

1 sdt biji chia*

1 sdt flax seeds, gerus sedikit*

BAHAN B:

1 telur utuh (+ 50gr)

75 ml susu kedelai dingin (harus dingin dari lemari es)

BAHAN C:

45 gr margarine/butter slighly salted

1/2 sdt garam halus

BAHAN ISI:

100 gr campuran aneka sayuran (buncis/wortel/jagung/bit) ditumis dengan 1sdm olive oil + 1 siung bawang putih cincang, lalu dilumatkan dengan blender/chopper.

50 gr keju feta (keju kambing) atau keju cheddar biasa

OLESAN:

1 Kuning telur kocok+1 sdm susu uht putih

wheatbran*

parsley kering*

CARA MEMBUAT:

1. Siapkan mixer dan pengaduk khusus adonan rotinya (yang bentuknya seperti spiral biasanya), takar dan campur semua bahan A dengan tepat ke dalam mangkuk mixer.

2. Tambahkan bahan B (telur dan susu kedelai dingin) pelan pelan, mix/uleni hingga kalis.

3. Setelah kalis, masukkan mentega/margarin dan garam, mix/uleni lagi sampai adonan elastis. Tanda adonan elastis, kita dapat melakukan window pane test. Jika adonan melar dan tidak sobek, artinya adonan siap diproses lebih lanjut.

4. Bulatkan adonan, simpan dalam mangkok, tutup dengan plastik dan diamkan selama 30 menit di tempat yang hangat hingga mengembang. Bila suhu ruangan dingin mungkin memerlukan waktu lebih lama.

5. Kempiskan adonan, tinju-tinju sampai udaranya gabis dan kempes. Bulatkan lagi, simpan dalam mangkok, tutup dengan plastik, istirahatkan lagi selama 15 menit di tempat hangat. Bila suhu ruangan dingin mungkin memerlukan waktu lebih lama.

6. Ambil adonan roti, kempiskan. Siapkan loyang loaf yang sudah dioles mentega/margarin (ukuran kurang lebih 20x10x5cm). Lalu pipihkan adonan menjadi persegi panjang ukuran 20 x 15 cm. Jangan terlalu tipis ya, takutnya sobek. Ratakan bahan isi ke seluruh permukaan adonan, tambahkan keju feta/cheddar, lalu gulung seperti membuat bolu gulung. Taruh adonan dalam loaf, tutup dengan plastik, dan biarkan mengembang lagi dalam waktu 60 menit.

7. Setelah adonan mengembang, panaskan oven 190 derajat celcius. Oles bagian atasroti dengan campuran kuning telur dan susu. Taburi wheatbrand dan parsley kering jika ada. Panggang 15 menit sampai matang.

keterangan tanda (*) : kalau tidak ada diskip tidak apa-apa.

Berikut saya sertakan gambar-gambar biji-bijian dan wheatbran yang saya pakai dalam resep ini yah… Chia seeds dan flax seeds bisa dibeli di toko bahan-bahan organik atau supermarket premium. Jika tidak ada, bisa diganti dengan biji-bijian lain yang banyak dijual untuk membuat roti serat tinggi di toko bahan kue (mix seeds) atau nggak pakai juga nggak apa-apa.

Flaxseeds Coklat

bji chia / chia seeds

wheat bran / kulit ari gandum

Selamat Mencoba!

recipe developed by: @depezahrial

Satu pemikiran pada “BSKS || LOAF ROTI SAGALA AYA

  1. Ping-balik: LOAF ROTI VARIASI « Hot and Cool Mommy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s