BSKS | AYAM TULIP

Ayam tulip, makanan kenangan jaman saya kecil. Ibu saya sering membuatkan, lalu ternyata budhe dan kakak ipar pun senang membuat makanan ini. Resep awalnya, si ayam hanya dimarinade dengan garam-bawang putih dan merica. Karena penasaran, saya coba menambahkan beberapa spice… maunya sih biar kayak ayam KFC .. muhahahaaa… but it’s not bad at all!

Ayam Tulip bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus lalu disimpan untuk stok bekal sekolah anak bahkan bekal papa dan mama ke kantor sebagai pelengkap nasi goreng, nasi mentega, mie goreng, nasi kuning, atau dicemil :)

BAHAN:

5 Sayap ayam

Bubuk Merica Hitam

Bubuk Merica Putih

Paprika Bubuk

Bubuk Bawang Putih

Garam

Kayu Manis

italian pinch seasoning (bisa di skip)

1 Putih Telur

4 sdm munjung self raising flour (tepung swamuai), bumbui dengan 1/4 sdt garam, sedikit merica putih dan hitam bubuk, dan 1/4 sdt bubuk bawang putih,

100 gr Breadcrumbs

 

CARA MEMBUAT:

PERSIAPAN AYAM

5 Sayap Ayam, potong sesuai sendi, sisihkan bagian sayap luarnya (ambil 2 yang dalam)

Tusuk-tusuk lalu rendam sayap ayam dalam campuran: 1/2 sdt bubuk bawang putih, 1/2 sdt paprika bubuk, 1 sdt garam halus, 1/2 sdt merica hitam bubuk (saya suka aroma merica hitam, kalau nggak suka kurangi saja), 1/4 sdt merica putih bubuk, sedikit parutan kayu manis. Diamkan dalam wadah tertutup di lemari es sedikitnya 12 jam. Semalaman lebih mantap!

Lalu mari kita buat “tulip” nya! Ambil satu potongan sayap, sayat satu sisinya sampai atas. Jangan sampai lepas.

Angkat/tarik balik sayatan tersebut

Hasilnya akan seperti ini…

 

MELAPISI

Siapkan 3 wadah, urutannya: Tepung swamuai (self raising flour) yang sudah dibumbui, Putih telur kocok, Breadcrumbs. Masukkan ayam ke tepung, ratakan sambil dibentuk membulat. Celupkan ke putih telur kocok, tiriskan supaya tidak terlalu basah. Balur dengan breadcrumbs sambil dibulatkan.

TIPS! Apabila bermaksud untuk stok/simpanan, maka step ini dilakukan setelah ayam di”tulip”kan dan dikukus. Setelah dikukus baru lanjut ke proses melapisi ini, baru disimpan dalam freezer. Tujuannya adalah apabila nanti terburu-buru mau menggoreng, kalau sudah dikukus dulu pasti yakin matang luar dalam. Kalau disimpan dalam keadaan mentah, takutnya kalau dari freezer buru-buru digoreng nanti bisa jadi luarnya mateng, dalemnya masih mentah.

Panaskan minyak, pastikan akan bisa merendam ayam. Goreng sampai keemasan.

Tiriskan.

Mariii makaan!

 recipe developed by: Dian Prima Zahrial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s