Kukis Lumer di Mulut (8 bln++)

Awalnya penasaran mau coba bikin kukis tanpa telur tapi tetap kering alias crunchy, terus iseng deh bikin dari resep dasar kukis, malah lebih gampang buatnya.

Bahan:

  • 120 gr unsalted butter suhu ruang
  • 150 gr terigu protein rendah
  • 30 gr icing sugar (untuk di bawah 1th diskip yah, nggak merubah tekstur kok)
  • 5 sdm keju parut

Cara Buat:

  1. Panaskan oven suhu 170 derajat
  2. Kocok butter dengan gula sampai butter halus
  3. Masukkan terigu yang sudah diayak (kalo ga diayak juga gpp sih, pastikan aja mencampurnya rata)
  4. Masukkan keju parut, aduk sebentar
  5. Panggang di dalam oven selama 25-30 menit, atau sampai kering dengan tes tusuk gigi

Gampang, simple, cepet, enak, garing, dan yang pasti lumer di mulut (iyalah secara judulnya itu) :D

Selamat mencoba mama kece!

_Nandra_

About these ads

33 pemikiran pada “Kukis Lumer di Mulut (8 bln++)

  1. Mama Nandra.. tanya dunk.. Kocok butter dengan gula harus pake Mixer ato bisa pake kocokan telur biasa..? Aku dah beli Oven Kirin tapi lum punya Mixer. :D Mau coba bikin kue yg gak perlu pake mixer. Thanx, Ma.. :)
    - Novi Ariny -

  2. - Mama Yolanda: saya pakai keju chedar biasa Ma, kayanya semua keju mengandung garam yah
    - MamaRifat: icing sugar = gula dingin, gula halus
    - Mama Novi: pakai spatula atau sendok rata aja macam sendok nasi gitu, kukis ini nggak perlu mengembang, jadi tdk butuh mixer kok ma :D

  3. Saya barusan bikin . Kok jadinya gampang ancur ya? Di sentuh langsung hancur . Knpmya mom? Apa krn bikinnya tipis2 ?

  4. horeee sukseesss…. semua suka, termasuk mama, papa, tante, sampe sepupu2nya. sekali bikin langsung abis hahaha

  5. numpang nanya ya,baby 10 bln udh boleh konsumsi tepung terigu sama keju ya? kata dsa diatas 1 th baru boleh keju2an.. pengen bgt bikin kue ini… makasiy jawabannya… :)

  6. ada 2 pendapat. Ada pendapat yang menyatakan pemberian produk turunan susu boleh untuk anak diatas 8 bulan dengan syarat tidak ada alergi protein susu. Ada juga yang berpendapat sebaiknya keju diberikan saat anak lebih dari 1 tahun. Semua punya alasan yang valid, silakan dipilih.

  7. tanya donk, unsalted butter biasanya pakai merk apa? atau yg spt apa ya? hehe maklum, pemula:-)

  8. Salam Mom… mau tanya, anakku alergi susu sapi, butternya boleh diganti margarin ga? Trus kejunya apa bisa di skip? Makasiiih.. Jadi ga sabar pengen nyoba, sekarang Asma masih umur 6,5 bulan :)

  9. Salam, saya Yuyun di Surabaya. Anak saya alergi susu sapi, butternya bisa diganti margarin gak? Trus kejunya apa bisa diskip? Kayanknya enak nih buat fase teething, Asma umur 7 bulan sekarang. Pengen bikin buat dia pas umur 8 bulan :q

  10. boleh, tapi tetep ya kalo mau bikin kukis-kukis seperti ini nunggu anaknya paling tidak 8 bulan. Nggak merekomendasikan bayi baru belajar makan buat makan biskuit. Apalagi ada kejunya segala.

  11. Salam kenal, saya bundanya Farah (12m)…. Yeayy akhirnya coba dan jadiiiiiii… garing crunchy gt siy… tp koq gak lumer dimulut ya :-( …. yg salah apanya ya mama mod. Mohon pencerahan….

  12. Saya kemarin udah buat & bener gampang banget buatnya…. Saya gk punya oven tapi pake doubel pan mom & sukses berat…. Thx ya mom…

  13. dear mamod nandra,
    tepung terigu protein rendah itu apa ya? beda ga sama si segitiga bir2???
    kl beda, mod pake merk apa??
    maafm saya bener2 amatiran..
    terimakasih

  14. Mo bantuin mamah ya.. :)
    Mama deviyani : tepung terigu protein rendah itu misalnya kunci biru, cocok utk kue kering. Nah klo segitiga biru tepung terigu protein sedang.
    Mama tia : diskip itu artinya dilewatin. Jadi klo anak masih <1thn, gula icing bisa dilewatin alias ga usah dipake.

  15. Mo bantuin mamah ya..
    Mama deviyani : terigu protein rendah itu misalnya kunci biru. Kalo segitiga biru itu terigu protein sedang.
    Mama tia : diskip artinya dilewatin. Jadi kalo anak <1th, gulanya bisa dilewatin atau ga usah dipake aja.

  16. kalo untuk menimbulkan rasa manis di ganti sama buah spt apel a/ pisang bisakan ya?? ada yang punya resep puding nda???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s