Asupan Air Putih Untuk Bayi MPASI

Kemarin-kemarin di Milis MPASI Rumahan banyak Mama yg tanya soal pemberian air putih pada bayi (di bawah 1th) dan sudah mulai MPASI, setelah ngobrol dengan DSA andalan saya @drtiwi, dapet info yang lumayan sahih nih. Yuk dibaca…

Jadi rumus pemberian air putih untuk anak sudah mulai mpasi = 30 x berat badan bayi.
Untuk anak yang minum ASI, bisa ½ dari jumlah seharusnya, misal, anak saya usia 6,5bulan beratnya 7,5kg, jadi porsi minum air putihnya, 30 x 7,5 = ± 210ml /hari, dan karena dia masih ASI ( di ASI hampir 80% mengandung air — menurut sumber yang saya baca) takaran minum air putihnya boleh ½ dari 210ml atau ± 105ml.

Tapi untuk anak yang minum sufor, takaran air putihnya sebisa mungkin sesuai dengan hasil perkalian tadi, karena air putih diperlukan untuk mengeluarkan kelebihan konsentrasi mineral yang ada pada sufor, sehingga air bisa membantu mengekresikan kelebihan mineral pada ginjal.

Pengenalan air putih penting pada bayi yang sudah MPASI/mulai belajar makan makann padat  ya Ma, supaya kedepannya nggak ada cerita anak sembelit, anak nggak suka air putih, padahal air putih penting. Oh iya, pemberiannya juga lebih baik dengan menggunakan gelas bercerat atau spout/sippy cup. Selain supaya anak belajar menggenggam, mereka juga jadi lebih mudah nantinya minum dengan gelas & menyapihnya dari botol (jika minum susu dengan media botol).

_NANDRA_

About these ads

7 pemikiran pada “Asupan Air Putih Untuk Bayi MPASI

  1. Mod Nandra, anakku ga suka air putih tapi kalo dicampur jeruk dia suka banget, kira-kira bisa menggunakan hitungan itu ga ya?

  2. Berarti atha kbthn air pthnya 30×8kg= 240ml, brhbg asix jd 120ml ja y min..blh g klo dr pgi dsiapin 120ml, jd ketauan kan abis gaknya

  3. hai mama, ini kan sekedar panduan yah. Kebutuhannyabisa bervariasi juga tergantung situasi. Kalo emang anaknya mudah keringetan, diberikanlebih juga gapapa. Air putih kan nggak bikin kenyang dan nggak ada nutrisinya juga. Sekedar thirst quencher aja.

  4. Babyku 10m20d min,biasanya aku kasih air putih kalo habis maem aja,jadinya BABnya kq agak keras n g tiap hari. Apa ini pertanda dia kurang air putih y?
    Padahal dia suka,tapi sya yg membatasi soalnya pernah baca kalo air putih jangan banyak diberikan pada balita dibawah 1y.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s